Ini yang Dilakukan Bea Cukai untuk Mengetahui Kendala yang Dialami Pelaku Usaha

Kamis, 30 Mei 2024 – 06:04 WIB
Bea Cukai terus meningkatkan sinergi dengan pelaku usaha melalui kegiatan customs visit customers (CVC). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, TANGGAMUS - Bea Cukai kembali menjalankan kegiatan customs visit customers (CVC) sebagai salah satu langkah meningkatkan sinergi dengan para pelaku usaha.

Kegiatan rutin tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan tugas dan fungsi Bea Cukai di bidang asistensi industri dan fasilitator perdagangan.

BACA JUGA: Lewat Cara Ini, Bea Cukai Berharap Mahasiswa Mengenal Tugas dan Program Dukung Ekspor

Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai Encep Dudi Ginanjar mengungkapkan kegiatan CVC rutin dijalankan untuk mencari tahu kendala yang dialami perusahaan.

“Kegiatan CVC kami jalankan untuk melihat apakah fasilitas kepabeanan yang telah diberikan dapat dimanfaatkan, kemudian mendapatkan benefit dari pemberian fasilitas tersebut sehingga bisa memberikan dampak positif untuk ekonomi masyarakat sekitar dan bagaimana pemenuhan kewajibannya,” kata Encep dalam keterangan, Kamis (30/5).

BACA JUGA: Bea Cukai Berikan Izin Fasilitas Gudang Berikat Kepada Perusahaan Reparasi Pesawat

Kegiatan CVC terkini dijalankan Kantor Wilayah Bea Cukai Wilayah Sumatera Bagian Barat yang mengunjungi PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.

Perusahaan migas panas bumi penerima fasilitas fiskal tersebut berlokasi di Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Dalam kesempatan tersebut, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk memberikan penghargaan kepada Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Barat atas kemudahan dan kecepatan pelayanan yang telah diberikan.

Bea Cukai Yogyakarta juga melaksanakan CVC dengan mengunjungi PT Woneel Midas Leather di Kabupaten Gunungkidul.

Dalam kesempatan itu, Bea Cukai Yogyakarta berdiskusi terkait pemenuhan kewajiban perusahaan sebagai penerima fasilitas kawasan berikat. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler