Lewat Cara Ini, Bea Cukai Berharap Mahasiswa Mengenal Tugas dan Program Dukung Ekspor

Rabu, 29 Mei 2024 – 16:44 WIB
Customs Goes to Campus menjadi ajang pertemuan dan diskusi Bea Cukai dengan civitas akademika, khususnya para mahasiswa. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Customs Goes to Campus menjadi ajang pertemuan dan diskusi Bea Cukai dengan civitas akademika, khususnya para mahasiswa.

Melalui unit-unit vertikalnya di berbagai daerah, instansi kepabeanan itu mengajak mahasiswa semakin kenal Bea Cukai dan paham akan mudahnya prosedur ekspor.

BACA JUGA: Tangani Kasus Rokok Ilegal, Bea Cukai Rampungkan Proses Penyidikan

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengatakan Bea Cukai Malang dan Yogyakarta mengunjungi dua kampus di wilayah pengawasan dua kantor itu.

"Kami berharap lewat CGTC, para mahasiswa akan semakin mengenal tugas dan fungsi Bea Cukai juga program-program Bea Cukai dalam mendukung ekspor," ujar Encep Dudi.

BACA JUGA: Bea Cukai Probolinggo & Pemda Edukasi Pemberantasan Rokok Ilegal

Dia menyebut Bea Cukai Malang, diwakili Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Malang, Dwi Prasetyo Rini berkesempatan menjadi pemateri dalam acara Seminar Entrepreneurship Series yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang.

Di acara tersebut, para mahasiswa menerima materi tentang Klinik Ekspor Bea Cukai Malang serta potensi, manfaat, dan tata cara untuk memulai ekspor bagi mahasiswa.

BACA JUGA: Bea Cukai Ambon Layani Perusahaan Ini Ekspor Pala ke Eropa

"Klinik Ekspor Bea Cukai Malang senantiasa memberikan asistensi dan pendampingan terhadap orang perorangan ataupun UMKM untuk bisa go ekspor, go international. Semoga materi tersebut dapat membuka wawasan mahasiswa seputar ekspor dan bermanfaat untuk ke depannya," katanya.

Ajang CGTC juga dilaksanakan Bea Cukai Bekasi di Institut STIAMI pada 21 Mei 2024. Lebih dari 120 mahasiswa hadir dalam kuliah umum yang disampaikan oleh Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi.

Dalam acara itu, dibahas tugas pokok, fungsi, serta peranan Bea Cukai. Juga, konsep dasar kepabeanan dan cukai.

Rektor Institut STIAMI, Dr Euis Komalawati, S.Sos. M.Si. mengucapkan terima kasih serta apresiasi atas kedatangan Bea Cukai Bekasi ke Institut STIAMI.

“Customs goes to Campus merupakan ajang untuk mengedukasi mahasiswa terkait dengan Bea Cukai, sehingga kami sebagai institusi pendidikan bisa turut serta mendukung program-program yang ada. Kami berharap kerja sama ini nanti bisa dilanjutkan di kemudian hari dengan program yang lebih baik lagi, tentunya mengedukasi masyarakat khususnya dalam hal ini adalah dunia pendidikan,” jelasnya. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bea Cukai Rilis Kontainer Impor di Pelabuhan Tanjung Perak


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler