Inikah Mobil Kepresidenan jika Ganjar Jadi Presiden RI?

Sabtu, 30 September 2023 – 17:57 WIB
Bakal capres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo mengunjungi Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMLE) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9). Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Bakal capres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo mengunjungi Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMLE) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9).

Berbagai kendaraan hasil modifikasi anak bangsa yang dipajang di pameran itu membuat Ganjar terkesima.

BACA JUGA: Ganjar Belum Berjaya di Jabar, tetapi Punya Stamina Luar Biasa Berkeliling Indonesia

Mantan gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu melihat berbagai hasil modifikasi otomotif di IMLE 2023 dengan didampingi pembalap kondang Rifat Sungkar.

Ganjar juga mengobrol dengan builder dan modifikator mobil yang memamerkan karya mereka di pameran tersebut.

BACA JUGA: Survei Indikator Menunjukkan Ganjar Punya Tren Kenaikan, Prabowo Mengalami Penipisan

Ada salah satu mobil di IMLE 2023 yang menarik perhatian Ganjar. Bakal capres dari koalisi PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo, itu tertarik pada Hyundai berkonsep RI-1.

Ada tulisan RI-1 Concept di mobil berkelir merah itu. Pelat mobil itu juga RI-1 yang dikenal sebagai tanda khusus bagi kendaraan Presiden RI.

BACA JUGA: Saat Ganjar Mencuci Mobilnya di Carwash Tunarungu Binaan Pospera

"Wah ada mobil presiden ini," ujar Ganjar.


Ganjar Pranowo melihat interior mobil berkonsep RI-1 untuk kerja kepresidenan.

Dari luar, sekilas mobil itu terlihat biasa. Namun, desain interior maupun eksteriornya berbeda dari mobil lainnya.

Modifikator mobil itu memang mengusung konsep kendaraan kepresidenan. Ada ruang kerja di dalamnya.

"Mobil ini kami desain khusus untuk mengakomodasi kerja presiden, Pak. Konsepnya mobil kepresidenan. Desainnya khusus dan pas dengan medan di segala daerah di Indonesia," kata salah satu modifikator memberikan penjelasan di hadapan Ganjar.

Rifat Sungkar yang mendampingi Ganjar ikut menjelaskan soal mobil tersebut menjadi satu-satunya kendaraan hasil custom di Indonesia yang mengusung tema kepresidenan.

Mobil tersebut merupakan hasil ide anak bangsa dari berbagai daerah di Indonesia. "Idenya memang sangat menarik," kata Rifat.

Ganjar pun mencermati setiap detail mobil hasil modifikasi itu. Dia juga melihat interior mobil tersebut.

"Keren modifikasinya, idenya juga menarik," ucapnya.

Salah satu modifikator pun langsung menyeletuk. "Pas buat Pak Ganjar nanti kalau sudah dilantik jadi presiden," celetuknya.

Kunjungan Ganjar di IMLE 2023 juga menjadi ajang curhat para builder dan modifikator otomotif. Mereka mengeluhkan soal regulasi yang menghalangi kreasi.

“Tolong, Pak, aturannya dipermudah. Kami selalu terkendala karena aturan yang dirasa tidak mendukung. Misalnya, harus mengganti mesin mobil, itu tidak laku dijual karena di jalan selalu dipermasalahkan petugas," ujar salah satu modifikator.

Ganjar menyimak keluhan itu. Menurut dia, di tengah situasi yang berubah cepat di berbagai bidang, termasuk otomotif, harus ada kejelasan agar para kreator bisa berkarya.

"Misalnya, ada mesin motor yang dibuat untuk mobil, ada mereka yang berkarya di bagian bodi. Pertanyaannya, industri yang sangat kreatif ini belum mendapatkan keluesan untuk berbisnis," kata Ganjar.

Oleh karena itu, Ganjar menegaskan negara harus hadir untuk memberikan solusi.

"Ketika ada mesin motor dibuat mobil dan suratnya enggak ada, maka ini mesti diadakan,” tuturnya.

Tokoh yang dikenal gaul itu menegaskan para modifikatr harus mendapatkan ruang untuk terus berkreasi. “Maka, inilah industri kreatif yang aturannya juga harus kreatif lagi," ucapnya.(jpnn.com)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sinyal Dukungan dari Jokowi untuk Ganjar Makin Kuat, Ini Buktinya


Redaktur : Antoni
Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler