Inilah 11 Pernikahan yang Bikin Heboh

Rabu, 08 Februari 2017 – 13:37 WIB
Inilah 11 Pernikahan yang Bikin Heboh. Ilustrasi

jpnn.com - jpnn.com - Pernikahan memang menjadi acara yang sakral. Sebuah ikatan suci menjadi ikrar antara dua insan.

Namun, pernikahan menjadi sebuah permasalahan yang serius kala mahligai digelar diluar dari kelaziman. Ada pertentangan antara nilai agama dan budaya yang menjadi norma di tengah kehidupan masyarakat.

BACA JUGA: Suami Pasangan Sejenis Ini Ratain Payudara Cuma Pakai..

JPNN.com berhasil merangkum pernikahan yang kini menjadi perhatian publik. Sejak 2010 hingga 2017, setidaknya ada 11 pernikahan yang kini menjadi sorotan dan perbicangan.

Mulai dari pernikahan sejenis, yang mengharukan karena menikah siri, kasih tak sampai, hingga menikahi mayat. Berikut ke-11 pernikahan tersebut:

BACA JUGA: Budayawan Bugis pun Menentang Menikahi Jenazah

1. Nikah siri mahasiswa yang terbongkar setelah 4 tahun

Suasana kantin Pengadilan Agama (PA) Klas II A Bontang, Kaltim, siang itu, terasa sangat berbeda dari biasanya. Hanya beberapa orang yang terlihat duduk di sana.

BACA JUGA: Menikahi Mayat, Begini Reaksi KUA dan Paman Herni

Seorang lelaki dan perempuan, terlihat akur dan berbincang penuh kegembiraan. Tergambar dari tawa lepas dan senyum bahagia.

Keduanya, sebut saja namanya Tejo (27) dan Surti (24), ternyata pasangan suami istri yang menikah siri. Siang itu, mereka berniat berkonsultasi mengajukan isbat nikah.

Kisah mereka hampir empat tahun. Keduanya menyembunyikan pernikahan dari orangtua. Selama itu, mereka merasa bahagia.

Tejo menyadari, tak mudah bagi keluarga besar Surti menerimanya. Bahkan, secara terang-terangan, orangtua Surti pernah mengusir Tejo ketika bertandang ke Sangatta.

“Waktu itu, saya dan Surti kuliah di kampus yang sama. Alasan ke Sangatta main, eh tapi saya diusir dan disuruh pulang,” jelas Tejo

2. Pernikahan Sesama Pria di Bali

Foto-foto pernikahan sepasang pria di sebuah lokasi di Bali, menghebohkan media sosial. Pernikahan sesama jenis itu melibatkan pria Indonesia dan warga negara asing, yakni Tiko Mulya dan Joe Tully.

Di foto tersebut terlihat Tiko Mulya dan Joe Tully berpose mesra, saling berpegang tangan dan saling menempelkan dahi mereka.

Anggota DPR asal Bali AA Bagus Adhi Mahendra mengatakan, pernikahan sesama jenis itu adalah aib dan tak sesuai dengan budaya Bali serta agama yang dianut di Bali.

“Pernikahan sesama jenis tersebut adalah aib. Budaya kami tidak mengenal pernikahan sesama jenis,” ujar Bagus kepada pojoksatu.id, Kamis (17/9/2015).

3. Sepasang Gay Menikah dengan Upacara Adat

Setelah pasangan sejenis Tiko Mulya dan Joe Tully, pernikahan gay kembali menghebohkan Bali. Pernikahan pasngan pria ini diduga digelar secara upacara Hindu di Pulau Dewata.

Informasi yang dihimpun melalui akun jejaring sosial Facebook, seorang pengguna mengunggah tiga buah foto. Di foto itu dia menuliskan ”Selamat atas pernikahannya buat kedua temanku di Bali. Sukses selalu ya”.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Hery Wiyanto mengatakan, kapolda tak pernah menyangka masih terjadi kembali. Pihaknya khawatir kejadian ini membuat masyarakat resah.

”Jangan sampai hal ini kembali meresahkan seperti yang terjadi sebelumnya di wilayah Ubud Gianyar. Kita akan koordinasikan ini kepada pihak Cyber Crime,” kata Hery Wiyanto, seperti dilansir Metropolitan.id, Kamis (31/12/2015).

4. Pernikahan Sesama Wanita di Gowa Sulsel

Seorang wanita di Gowa, Sulawesi Selatan, bernisial NS melaporkan suaminya sendiri yang berinisial JN yang diketahui adalah seorang wanita. Uniknya, laporan tersebut baru dilakukan NS setelah usia perkawinan sudah berumur enam tahun pada tahun 2011 lalu.

JN, wanita asal Wakatobi, Sulawesi Tengah akhirnya berurusan dengan polisi atas dugaan pemalsuan identitas terhadap korban berinisial NS. Korban mengaku baru mengetahui suaminya berjenis kelamin perempuan setelah menyampaikan niatnya untuk menikah lagi.

5. Pernikahan Wanita Lesbian di Sulsel

Setelah NS dan JN, pernikahan sejenis kembali terjadi di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel). Sepasang wanita lesbian, IT (19) dan VN (23) menikah di Bontomarannu, Gowa, pada 2014 lalu.

Pernikahan sesama wanita lesbian itu baru terbongkar saat orangtua VN, Darmawati, membaca SMS dari IT. SMS itu masuk di ponsel VN, anak Darmawati. Ia pun kaget setelah mengetahui suami putrinya ternyata menjalin hubungan dengan seorang wanita.

“IT ini lesbian. Modusnya VN dilamar oleh kakak IT, bernama Wawan pada 19 Oktober 2014. Ternyata lamaran tersebut hanya kedok untuk mengelabui orangtua VN agar nantinya IT dan VN bisa hidup serumah,” ujar Kapolsek Bontomarannu, AKP Abdul Rahman, 3 November 2014.

5. Pernikahan Sesama Wanita di Mandar Sulselbar

Setelah satu tahun menjalani biduk rumah tangga, Bersalina (20) baru menyadari jika suaminya ternyata berjenis kelamin perempuan. Merasa tertipu, warga Polewali Mandar, Sulselbar itu akhirnya melaporkan suaminya ke polisi.

Bersalina dan Ichal menikah tahun 2014 lalu. Pernikahan digelar di gereja di Polewali Mandar. Setahun menikah, semua lancar-lancar saja, hingga akhirnya Bersalina menemukan darah di celana dalam suaminya. Setelah diperiksa, ternyata suaminya datang bulan alias menstruasi.

“Korban (Bersalina) merasa tertipu karena suaminya perempuan. Korban baru mengetahuinya setelah setahun menikah,” ujar Kapolres Mamasa AKB Muhamad Alfian, Rabu (13/5/2015).

6. Pernikahan Sejenis di Boyolali

Pernikahan sejenis di Boyolali Jawa Tengah pada Oktober 2015 menggegerkan warga. Pasangan sejenis melangsungkan syukuran pernikahan pada Sabtu (10/10/2015).

Pernikahan sejenis di Desa Cluntang, Kecamatan Musuk, Boyolali itu sontak menjadi buah bibir warga setempat. Pasangan sejenis itu berinisial Dar alias Rak dan dengan Dum. Keduanya sama-sama berjenis kelamin pria dengan usia 25 tahun.

7. Pernikahan Sejenis di Bekasi

Pernikahan sejenis antara Umar dan Fransiska Anastasya Octaviany alias Icha terjadi di Jatiasih Bekasi Jawa Barat pada 2010 lalu.

Setelah enam bulan berlalu, Umar baru mengetahui jika Icha ternyata seorang laki-laki yang bernama asli Rahmat Sulistyo. Umar lalu melaporkan Icha ke polisi karena dianggap menipu. Icha divonis 8 bulan penjara.

Umar mengaku mulai curiga saat dirinya dilarang melakukan foreplay dan ciuman. Ketika Umar protes karena Icha hanya mau berhubungan lewat belakang, Icha juga ngambek.

“Kita mana tahu kalau dia cowok. Kalau gituan semua lampu dimatiin. Kalau tangan kita mau gerayangan, dia marah, nggak boleh,” ujar Umar.

8. Menikahi Mayat di Barru

Ahmad Haidir membuktikan janjinya menikahi Herni, meski tak bernyawa. Herni meninggal setelah menenggak herbisida. Sejauh ini, alasan meminum racun masih misteri

“Dia istri saya, dan akan selamanya menjadi istri saya," kata Edi sapaan akrab Ahmad Haidir kepada Fajar (Jawa Pos Group).

Herni meminum racun pada Rabu (1/2/17). Sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Andi Makkasau, Parepare, Sulawesi Selatan.

Setelah berdiskusi dengan keluarga, pernikahan akhirnya digelar, Jumat siang, 3 Februari di rumah duka.

Lokasinya di rumah duka, tempat jasad Erni disemayamkan di Desa Lampoko, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulsel.

9. Kisah Kasih tak Sampai Risna dan Rais yang Dramatis

Kisah cinta yang tak sampai terjadi di Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan Jumat (17/10/2017). Di tengah kebahagiaan, Raiz, 25 tahun yang bersanding dengan pasangan pengantin di pelaminan terkejut akan kedatangan mantan pacarnya, Risna, 22 seorang gadis desa di Kecamatan Herlang.

Risna datang dengan tegar memenuhi undangan perkawinan mantan pacarnya itu. Meski dia tak kuasa menahan tangis saat naik ke pelaminan dan bersalaman dengan Raiz. Wajar keduanya memang menjalin hubungan asmara sejak 2005 silam.

Kontan, suasana haru itu membuat para tamu yang hadir ikut terkejut. Bahkan beberapa di antaranya terharu dan meneteskan air mata. Saat bersalaman di pelaminan itu, Raiz sempat mendekap Risna di samping pasangannya.

10. Insiden Bayi Dibuang dan Pernikahan Sejenis

Pernikahan sejenis ini terungkap berawal dari ditemukannya bayi di Tanjungbalai, Sumatera Utara.

Farel, 25, perempuan yang menyamar sebagai pria dan menikahi Sal, 21, ini ternyata bernama asli Nengsih.

Tak tak hanya itu, Farel yang membuang bayi dari hubungan dengan suaminya di Malaysia ini ternyata juga pernah mengelabui perempuan lain.

Setelah dua hari mendapat perawatan medis di RSDU Dr Tengku Mansyur kota Tanjungbalai, kondisi Farel alias Nengsih yang sebelumnya mengalami pendarahan usai melahirkan, kini sudah membaik.

11. Heboh Bule Nikah dengan WNI

Kisah cinta beda negara Indonesia-Inggris, antara Bayu Kumbara (27) dan Jennifer Brocklehurst (28) menjadi pembicaraan hangat yang mungkin menginspirasi banyak orang, di hari-hari belakangan ini.

Bayu dan Jeni sudah melangsungkan pernikahannya, di Lapai, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (8/8/2015) lalu.

Muharman (40), salah seorang sumber JPNN.com yang dekat dengan Bayu mengisahkan, orang-orang terdekat dengan Bayu turut bergembira dengan pernikahan itu. Uda Imu (panggilan Muharman) mengatakan, kisah cinta Bayu dan Jeni membuktikan kembali kekuatan cinta di dunia memang ada.

"Cerita Bayu dan Jeni bisa menginspirasi banyak orang. Ini tentang cinta. Ketika seorang jatuh cinta, perjuangkanlah," tutur Imu, Senin (10/8) malam. (jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menikahi Mayat, MUI: Tanda Kiamat Sudah Terlihat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler