Inilah 7 Manfaat Madu Manuka untuk Kesehatan

Selasa, 27 Juni 2017 – 01:33 WIB
Manfaat madu untuk kesehatan. ILUSTRASI. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mendengar tentang madu manuka? Berasal dari New Zealand, madu yang sudah diimpor ke Indonesia ini harganya bisa puluhan kali lipat dari madu biasa.

Akan tetapi, madu manuka juga dikenal sebagai madu yang sakti. Kandungan dari madu manuka yang bisa 4 kali lebih banyak daripada madu biasanya ini bisa membantu Anda menyembuhkan beberapa macam penyakit.

BACA JUGA: Ketahuilah, Ini Manfaat Minyak Mustard untuk Kesehatan

Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang kegunaan madu manuka ini, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Kamis (22/6).

1. Mengobati jerawat

BACA JUGA: Tips agar Kulit Tetap Sehat saat Puasa

Madu manuka bisa menjadi pembersih wajah dan toner yang hebat. Dengan sifat higroskopis (mampu menarik dan menahan air), manuka bisa mengeluarkan kotoran dan sekaligus mengoptimalkan tingkat pH kulit.

Hidrogen peroksida di semua madu secara efektif membersihkan jerawat, tapi khasiat antibakteri dan antijamur khusus dalam manuka bisa meningkatkan efeknya.

BACA JUGA: 8 Manfaat Madu bagi Kesehatan dan Kecantikan

Oleskan ke daerah wajah bermasalah atau membuat masker wajah dengan lapisan tipis madu di bawah handuk hangat dan lembab.

2. Tenangkan sakit tenggorokan

Madu manuka terbukti bisa menghambat Streptococcus pyogenes yang merupakan musuh alami dari sakit tenggorokan.

Selain itu, madu ini dikenal karena melapisi lapisan dalam tenggorokan dan menenangkan nyeri tenggorokan.

3. Membuat gigi putih

Sekolah Kedokteran Gigi di Universitas Otago Selandia Baru telah membuktikan manfaat antimikroba manuka madu manuka meluas hingga ke perawatan gigi.

Dalam penelitian tersebut, mengunyah manuka secara signifikan mengurangi plak dan pendarahan pada penderita radang gusi.

4. Bersihkan rambut Anda

Sifat higroskopis madu yang bekerja pada jerawat juga bekerja pada kulit kepala, mengatur produksi minyak dan membersihkan kotoran. Metode pelembab higroskopik juga membuat air tetap terkunci pada untai rambut, menghambat ujung yang membelah.

Madu manuka bisa merevitalisasi folikel rambut secara langsung pada sumbernya.

Anda bisa mengoleskan madu manuka langsung ke kulit kepala untuk keperluan mendesak atau campurkan satu sendok teh ke conditioner ringan untuk pemakaian biasa.

5. Mengobati alergi

Penderita alergi berat tidak perlu lagi takut pada musim semi. Sebuah penelitian di tahun 2010 mengungkapkan bahwa madu manuka benar-benar mengurangi tingkat keparahan alergi dalam banyak kasus.

6. Mengurangi waktu penyembuhan luka bakar dan bisul

Anda sudah mengetahui khasiat antimikroba yang terkandung dalam madu manuka.

Jadi tidak mengherankan hal itu bisa berhasil mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar dan borok kulit. Ketika bereaksi dengan cairan tubuh, madu melepaskan oksigen yang membersihkan daerah tersebut.

7. Berikan dorongan pada sistem kekebalan tubuh Anda

Para ilmuwan telah membuktikan madu manuka menstimulasi TLR4, protein reseptor yang bertanggung jawab untuk pertahanan sistem kekebalan tubuh.(fny/fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hai Para Remaja Putri, Simak nih Penjelasan Dokter Frida soal Menstruasi


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler