Beragam layanan untuk memanjakan binatang kesayangan kini semakin menjadi tren di berbagai negara. Mulai dari spa untuk anjing dan kue ulang tahun berhiaskan foto kucing kesayangan. Bahkan biaya perawatannya kadang lebih mahal daripada biaya membesarkan anak.

Para pemilik hewan peliharaan saat ini memperlakukan binatang peliharaan mereka dan mendefinisikan ulang apa artinya memanjakan satwa pendamping hidup mereka.

BACA JUGA: Satu Lagi Menteri Abbott Dipertanyakan Penggunaan Anggaran Perjalanan Dinasnya

Inilah yang dikenal dengan istilah sikap orang tua binatang peliharaan atau "pet parenting", seiring dengan melonjaknya jumlah pemilik hewan peliharaan di kalangan kelas menengah Asia  yang memicu pengeluaran yang besar.

Menurut perusahaan riset pasar internasional, Euromonitor, penjualan global produk dan jasa yang berhubungan dengan hewan peliharaan diperkirakan telah mencapai lebih dari $US100 miliar pada tahun 2014.

BACA JUGA: Serangan Ransomware di Australia Makin Ganas dan Tidak Bisa Dipecahkan

Berikut adalah lima tren memanjakan hewan peliharaan di kalangan pemiliknya:

1. Hotel dan spa 

BACA JUGA: Warga Aborijin Desak Aturan Pemakaman Tradisional Diperjelas


Sejumlah anjing peliharaan menikmati mandi di kolam jacuzzi di hotel hewan peliharaan di Tokyo. (Reuters: Eriko Sugita)

Dari mulai hotel hewan peliharaan hingga spa harian untuk anjing, meningkatnya jasa layanan perawatan hewan peliharaan berkelas menunjukan pemilik hewan peliharaan saat ini tidak lagi mempersoalkan banyaknya uang yang harus mereka keluarkan untuk memanjakan sahabat berkaki empat mereka. Di Jepang, dimana jumlah hewan peliharaan melebihi jumlah anak,  para pemilik memanjakan anjing mereka dengan memberikan layanan pemijatan, treadmill dan spa di hotel hewan peliharaan kelas atas. Bahkan selama berlangsungnya stagnasi ekonomi, orang-orang tetap membawa hewan peliharaan mereka ke salon hewan professional untuk didandani tanpa cela. 


Staf mendandani anjing-anjing di Salon hewan peiharaan Aeon Pet Pecos di Chiba, Japan (AFP: Kazuhiro Nogi)

 2. Makanan super-premium 

"Perlakuan layaknya  manusia kepada binatang peliharaan juga turut mendorong melonjaknya makanan alami dan premium untuk hewan peliharaan,” demikian tertulis dalam laporan tahunan Jepang tahun 2014."Para pemilik juga menginginkan hewan peliharaan mereka mendapatkan suplemen makanan premium dengan bahan khusus seperti rusa dan juga herbal China.”
 
Pemilik hewan peliharaan yang sadar dengan kesehatan mencari makanan berkualitas untuk ‘anak hewan peliharaan’ mereka (AFP: Daniel Sorabji)

 

Toko roti khusus anjing, yang menawarkan makanan ringan dan juga kudapan buatan sendiri, merupakan cara lain yang dilakukan para pemilik untuk memanjakan hewan peliharaan mereka.

Clement Lo,pemilik waralaba Three Dog Bakery di Hongkong , mengatakan kue ulang tahun dengan hiasan potret anjing dan kucing merupakan produk yang saat ini tengah melejit dikalangan orang tua hewan peliharaan atau pet parents.

"Kita menjual banyak kue ulang tahun untuk hewan disini, kami sampai kewalahan menerima pesanan,” tegasnya.


Seekor anjing menatap makanan yang lezat di toko roti khusus hewan peliharaan di Frankfurt, Jerman. ( AFP: Frank Rumpenhorst: Germany Out)

Peneliti pasar Packaged Facts memperkirakan penjualan makanan hewan di AS mencapai $28 miliar pada tahu 2013, dimana sejumlah merek premium ternama menguasai lebih dari 40 persen dari total penjualan. Minuman non alcohol dengan nama seperti "Char-dog-nay" dan "Bark-deaux" merupakan salah satu produk minuman bertema anjing yang juga diproduksi khusus untuk hewan peliharaan. 3. Perawatan


Semakin banyak pemilik hewan yang memilih mengasuransikan hewan peliharaan mereka untuk melindungi mahluk yang nyaman dibelai ini. (ABC: Deborah Steele)

 

Industri hewan peliharaan Australia diperkirakan setara dengan $8 miliar per tahun, menurut laoiran Aliansi Kesehatan Hewan 2013.

Perhatian utama terhadap kesehatan hewan peliharaan telah mempopulerkan sejumlah terapi pengobatan alternatif untuk hewan peliharaan, termasuk akupuntur, pijat dan yoga.

Asuransi kesehatan binatang peliharaan juga tengah populer di AS dengan total premi mencapai $500 juta per tahun, menurut data dari Asosiasi Asuransi Kesehatan Hewan Peliharaan Amerika Utara.


4. Busana 


Dua ekor anjing mengenakan kacamata hitam menghadiri acara Pesta Tahun Baru Anjing yang digelar di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang pada 12 January 2008. (Junko Kimura: Getty Images)


Jepang merupakan surga bagi hewan peliharaan yang sudah tidak diragukan lagi dengan begitu banyaknya ragam pilihan baju untuk hewan peliharaan, aksesoris dan bahkan parfum untuk memanjakan anjing.

Tersedia pakaian adi busana untuk hewan bertaring dalam beragam model mulai dari gaun berenda hingga jeans, kacamata, sepatu hingga kereta dorong khusus untuk anjing. 5. Produk hewan peliharaan


Makanan hewan terbaru, aksesoris dan layanan perawatan hewan peliharaan semuanya dipamerkan setiap tahunnya di Pet Fair Asia di Shanghai.Event perdagangan ini terus mengalami peningkatan dengan stabil sejak 1997 dan menarik 650 penjual dan lebih dari 17.000 pengunjung yang tergila-gila dengan hewan peliharaan pada 2014 lalu. Tahun ini event Pet Fair Asia akan digelar pada tanggal 27 Agustus dan akan diramaikan oleh agen dan penjual dari berbagai dunia untuk memamerkan produk hewan peliharaan mereka selama event yang berlangsung selama 4 hari tersebut. 


Event tahunan Pet Fair Asia merupakan ajang pameran dari beragam produk-produk baru dan layanan untuk memanjakan hewan peliharaan. (AFP: Johannes Eisele)
Berdasarkan laporan Euromonitor,  pasar  perawatan hewan peliharaan di Asia Tenggara merupakan yang paling konsisten pertumbuhannya di seluruh dunia dengan prakiraan penjualan retail produk hewan peliharaan mencapai $1 miliar pada tahun 2016. Salah satu kawasan yang paling tinggi pertumbuhan pasar hewan peliharaannya adalah Indonesia, dimana tingkat urbanisasi dan pemilik hewan peliharaan terus menunjukan peningkatan. "Di kota-kota besar seperti Jakarta, toko kebutuhan hewan peliharaan dapat ditemui disetiap pojok,” tulis Euromonitor. Sementara sektor perawatan hewan peliharaan di China diperkirakan akan terus tumbuh lebih dari 15.8 miliar n yuan atau setara $US2.5 miliar dan akan melebihi AS sebagai pasar terbesar dunia pada tahun 2019, kata grup tersebut. 


Industri hewan peliharaan di China merupakan salah satu pasar dengan tingkat pertumbuhan tercepat di dunia. (Reuters: Andrew Wong)


Cerita ini ditayangkan dalam program #TalkAboutIt . Saksikan episode lengkapnya di sini

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tes Darah untuk Penderita Diabetes Bisa Deteksi Metabolisme Sapi Perah

Berita Terkait