Inilah Daftar Nama Penghuni Pelatnas Cipayung 2018

Kamis, 28 Desember 2017 – 12:34 WIB
Ilustrasi bulu tangkis. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mengumumkan daftar nama pemain yang ikut pelatnas 2018.

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, sejumlah nama yang masuk dalam skema promosi harus rela dengan status magang. Terutama bagi mereka yang menjuarai Kejurnas 2017.

BACA JUGA: PBSI Degradasi 20 Pebulu Tangkis

Sedangkan bagi pebulu tangkis yang belum memperlihatkan performa menjanjikan pada 2017, menyandang status SK dengan pantauan enam bulan pertama 2018.

Situasi tersebut harus diberikan demi memacu pebulu tangkis untuk memberikan kemampuan terbaiknya. Dalam hal ini ada raihan prestasi untuk turnamen yang mereka ikuti.

BACA JUGA: Taufik Hidayat dan Verawaty Fajrin Kritik PBSI

Melalui surat Keputusan (SK) PP PBSI bernomor SKEP/070/0.3/XII/2017 perihal promosi dan degradasi pelatnas tersebut dijelaskan dengan gamblang.

Khusus pebulu tangkis yang mendulang gelar dan sejumlah prestasi di 2017, mereka mendapatkan garansi SK tetap.

BACA JUGA: 8 Klub Berebut Piala Liem Swie King dan Susi Susanti

Antara lain, pasangan ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, ataupun Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di ganda campuran.

Promdeg kali ini menggunakan banyak variabel. Berbeda dengan sebelumnya, yang memastikan satu tempat buat juara Kejurnas di pelatnas.

Bahkan juara Kejurnas 2017 kali ini beberapa di antaranya juga berstatus magang. Yang membedakan adalah, khusus pebulu tangkis magang, mereka harus mengeluarkan biaya sendiri saat turun di event internasional.

Demikian pula untuk tenggat waktu, mereka diberikan kesempatan selama enam bulan lamanya. Dengan catatan bakal dikeluarkan bila melakukan indisipliner.

Kabidbinpres PP PBSI, Susi Susanti menjelaskan, keputusan yang ada merupakan hasil diskusi bersama tim pelatih setiap nomor.

Menurutnya, capaian 38 gelar pebulu tangkis pelatnas pada 2017 di level internasional patut diapresiasi. Hanya, untuk sektor tunggal memang membutuhkan percepatan peningkatan prestasi.

"Kami berharap 2018 pelatnas bisa lebih baik lagi, juga untuk regenerasi berjalan lebih cepat," kata Susi.

Sejumlah percobaan awal 2017 berbuah hasil yang cukup signifikan. Salah satunya moncernya pasangan Greysia Polii/Apriani Rahayu yang membuktikan bisa diandalkan.

Namun, performa Greysia/Apri juga belum konsisten betul. Mereka masih kerap terganjal saat berjumpa dengan ganda putri top dunia.

Sedangkan di sektor tunggal, kesulitan masih dirasakan Jonatan Christie dkk. Sempat menciptakan All Indonesia Finals di Korea Open 2017, via Jonatan-Anthony Ginting, mereka menemukan ritme terbaik.

Susy pun membenarkan bahwa sektor tunggal masih tertinggal. "Tetapi secara grafik permainan mereka ada peningkatan, itu juga harus diapresiasi," kilahnya.

Tetapi 2018 tampaknya bakal lebih berat, selain level turnamen BWF juga berubah, masih ada Asian Games, dan Thomas-Uber Cup yang sudah menanti pebulu tangkis Indonesia.

Targetnya jelas, selain capaian prestasi, sektor tunggal juga didorong untuk memperbaiki peringkat dunia mereka.

Saat ini, hanya Ginting-Jonatan berturut-turut berada di peringkat ke-13 dan 14 BWF. Artinya memang, mereka punya potensi untuk menaikkan ranking masing-masing.

Secara keseluruhan, total ada 104 pebulu tangkis yang kini masuk ke pelatnas utama dan pelatnas pratama. Adapun 15 atlet lainnya harus rela dipulangkan ke klub masing-masing.

Sementara itu, pelatih ganda putri, Eng Hian mengaku terpacu untuk bisa mengantarkan pemain binannya tampil lebih baik lagi.

"Yang sudah mulai konsisten sekarang Greysia/Polii, tetapi ganda putri lainnya juga saya minta untuk terus improve," sebutnya. Komposisi yang ada saat ini juga memungkinkan Eng Hian melakukan rotasi pasangan. (nap)

Penghuni Pelatnas Cipayung

Tunggal Putra

Jonatan Christie

Ihsan Maulana Mustofa

Anthony Sinisuka Ginting

Firman Abdul Kholik

Panji Ahmad Maulana (Magang)

Vicky Angga Saputra (Magang)

Wisnu Yuli Prasetyo (Magang)

Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung

Fitriani

Ruselli Hartawan

Hanna Ramadini (Pantauan 6 bulan)

Dinar Dyah Ayustine (SK Pantauan 6 bulan)

Ganda Putra

Kevin Sanjaya Sukamuljo

Marcus Fernaldi Gideon

Fajar Alfian

Muhammad Rian Ardianto

Mohammad Ahsan

Wahyu Nayaka (Pantauan 6 bulan)

Ade Yusuf (Pantauan 6 bulan)

Rian Agung Saputro (Pantauan 6 bulan)

Angga Pratama (Pantauan 6 bulan)

Hardianto (Pantauan 6 bulan)

Berry Angriawan (Pantauan 6 bulan)

Hendra Setiawan (Magang)

Ganda Putri

Greysia Polii

Apriani Rahayu

Della Destiara Haris

Rizky Amelia Pradipta

Anggia Shitta Awanda

Ni Ketut Mahadewi

Rosyita Eka

Yulfira Barkah

Nitya Krishinda (Pantauan 6 bulan)

Meirisa Cindy (Magang)

Ganda Campuran

Tontowi Ahmad

Liliyana Natsir

Praveen Jordan

Gloria Emanuelle

Hafiz Faizal

Melati Daeva

Ronald Alexandra

Yantowi Edy

Marsheilla Gischa Islami

Ricky Karandasuwardi (Pantauan 6 bulan)

Annisa Saufika (Pantauan 6 bulan)

Alfian Eko Prasetya (Pantauan 6 bulan)

Edi Subaktiar (Magang)

Sumber: PP PBSI

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiongkok Pertahankan Gelar Kejuaraan Dunia Junior


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler