Inilah Investasi Terbaik Arsene Wenger

Rabu, 18 September 2013 – 19:30 WIB

jpnn.com - MANAJER Arsenal Arsene Wenger masih menjadi salah satu pelatih yang terbaik daratan di Inggris. Meski sudah lama timnya tak meraih piala, pria berkenangsaan Prancis itu tetap konsisten membawa The Gunners-julukan Arsenal, finis di empat besar Liga Premier Inggris. Dia dikenal sebagai pencipta bintang. Keahliannya adalah mendatangkan pemain murah, lantas memolesnya hingga menjadi pemain berharga mahal.      

Dia melakukan banyak pembelian hebat sejak menjadi manajer Arsenal pada 1996. Berikut adalah lima yang terbaik. Murah, namun berkontribusi luar biasa.

BACA JUGA: Persembahan Dari Milan untuk Kaka

1. Robert Pires

Winger asal Prancis ini dibeli dengan harga GBP 6 juta (Rp 109,2 miliar) dari Marseille. Pires datang untuk menggantikan Marc Overmars pada 2000. Meski menjalani start lambat, Pires secara gemilang mencetak 84 gol dalam 284 penampilan. Pires menjadi bagian integral Arsenal untuk menuai gelar demi gelar.

BACA JUGA: Rossoneri Melawan Diri Sendiri

2. Marc Overmars

Wenger membeli Overmars dari Ajax Amsterdam dengan harga murah, GBP 5,5 juta (Rp 100,1 miliar). Overmars langsung beradaptasi di Inggris. Menempati posisi sayap kiri, Overmars menjadi mimpi buruk bagi defender lawan. Arsenal menjual Overmars dengan harga GBP 25 juta (Rp 455 miliar) ke Barcelona pada 2000.

BACA JUGA: Investasi Itu Bernama Ramsey

3. Kolo Toure

Defender asal Pantai Gading ini dikenal sebagai rekrutan terbaik Arsenal dengan harga sangat murah atau hanya GBP 150 ribu (Rp 2,7 miliar). Toure membangun sisi pertahanan yang kuat dengan Sol Campbell. Toure dijual ke Manchester City dengan harga mahal GBP 14 juta (Rp 254,8 miliar).

4. Patrick Vieira

Vieira adalah salah satu rekrutan kontroversial karena didapatkan sebelum Wenger resmi menangani Arsenal. Vieira adalah jawaban atas gelandang bertahan Manchester United Roy Keane. Sebagai kapten pengganti Tony Adams pada 2002, Vieira adalah salah satu pemain terbaik Arsenal.

5. Thierry Henry

Bintang asal Prancis ini mungkin rekrutan terbaik bukan hanya era Wenger, tetapi juga sepanjang sejarah Arsenal. Wenger mendatangkan Henry pada 1999 dengan harga GBP 10 juta (Rp 182 miliar) dari Juventus. Namun, harga tersebut sangat jauh melampaui prestasi yang ditorehkan Henry. Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Arsenal.

Honourable mentions: Freddie Ljungberg, Robin van Persie, Sol Campbell, Cesc Fabregas, Nicolas Anelka, Emmanuel Petit. (nur/c2/bas)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Minta Berapa Gol Tata?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler