Inilah Menu Khusus Pesanan Barack Obama, Kangen Kali ya

Kamis, 29 Juni 2017 – 06:57 WIB
Barack Obama bersama keluarganya saat mengunjungi Candi Borobudur, kemarin. Foto Setiaky.A.Kusuma/Radar Jogja/JPNN.com

jpnn.com - Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama siang kemarin tiba di Jogjakarta. Di sana, Obama mengincar nasi goreng dan sate ayam sebagai menu makanan.

Obama bersama keluarga dijadwalkan berlibur di Jogjakarta dan menginap di Hotel Tentrem Jalan AM Sangaji, Jogja.

BACA JUGA: Hari Ini Obama ke Borobudur, 650 Personel Dikerahkan

Dua menu itu memang sudah jadi favorit sejak Obama kecil tinggal di Indonesia. Dan kedua menu itu pula yang menjadi catatan penting saat Obama merasakan liburan di Jogjakarta.

”Obama memesan masakan khas Indonesia, seperti bakmi, sate dan nasi goreng,” jelas General Manager Hotel Tentrem Mey Nurnaningsih kemarin (28/6).

BACA JUGA: Obama ke Pura Tirta Empul Bikin Heboh, SBY Sering, Jokowi Belum Pernah

Lebih jauh Mey mengatakan tidak ada pesan khusus terkait menu-menu masakan tradisional yang nantinya akan disuguhkan.

Hanya saja tiga jenis menu tersebut merupakan permintaan khusus dari Obama. ”Yang kita sajikan sudah standar intenasional. Dan sudah dicek oleh Secret Service,” kata Mey.

BACA JUGA: Mengonsumsi Nutrisi Ini Dapat Membantu Ingatan Anda Tetap Tajam

Di Hotel Tentrem, Obama menempati Presidential Suite, dengan harga sewa Rp 30 juta per malam. Di ruang dengan luas 273 meter persegi itu, Obama akan mendapatkan fasilitas super mewah.

Selain itu, view Gunung Merapi dapat terlihat jelas dari kamarnya dan menjadi kelebihan tersendiri.

Saat disinggung mengenai lama tinggal Obama di Hotel Tentrem, Mey enggan mengungkapkan secara gamblang.

”Yang jelas mereka stay di sini. Itu aja yang bisa saya sampaikan. Untuk berapa lamanya kami tidak tahu,” jelasnya.

Selama Obama tinggal, operasional hotel tetap berjalan normal. Tamu-tamu tetap dapat hilir mudik dalam hotel.

Tidak terlihat pengamanan mencolok di lobi hotel. Para tamu, dapat menikmati suasana hotel seperti hari-hari biasa.

”Kami tetap beroperasi seperti biasa. Saat ini 274 kamar terisi penuh,” kata Associate Director of Marketing Hotel Tentrem, Nike Aristya.

Obama, istrinya Michelle Obama serta kedua anaknya Natasha Obama dan Malia Obama tiba di penginapan sekitar pukul 12.48 WIB mengendarai Land Cruiser hitam bernopol CD 12 69.

Sebelum menuju hotel, rombongan Obama yang berjumlah 14 orang landing di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto Jogjakarta pukul 12.15 setelah melakukan penerbangan dari Bandara Ngurah Rai, Bali.

Saat berada di Base Ops Lanud Adisujipto, Obama disambut oleh Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kapolda DIJ Brigjen Pol Ahmad Dofiri, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Fajar Setyawan serta Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga.

”Tidak ada acara seremonial khusus dalam penyambutan. Kunjungan beliau (Obama) ke Jogjakarta dalam rangka liburan,” kata Dandim 0734 Jogjakarta Letkol Infantri Rudi Firmansyah.

Pantauan Radar Jogja Obama dan istrinya mengendari Land Cruiser hitam keluar dari Lanud Adisutjipto melalui jalur Tugu Chontong.

Saat menuju penginapan, Obama sempat melintasi di depan kantor Radar Jogja karena menggunakan jalur Ringroad Utara.

Sebelum tiba di hotel, Jalan AM Sangaji sempat disterilkan beberapa saat. Obama, datang melalui arah utara dengan sejumlah pengawalan cukup ketat dari aparat kepolisian.

Sekitar pukul 15.30, Obama beserta rombongan tampak keluar dari Hotel menggunakan kendaraan yang sama menuju ke Candi Borobudur.

Tampak dengan jelas istri Obama, Michelle Obama duduk di sisi kiri melambaikan tangan menyapa awak media dan masyarkat yang menyaksikan kedatangan mantan orang nomor satu di negeri Paman Sam itu.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Edy Setijono mengatakan, selama kunjungannya Obama sangat terkesan dengan megahnya Candi Borobudur. Dia juga kagum dengan keharmonisan masyarakat di sekitarnya.

”Obama menyampaikan kekagumannya atas keharmonisan yang tampak di sekitar candi. Obama terkejut lantaran Candi Borobudur ini adalah Candi Buddha tetapi pengunjungnya mayoritas adalah muslim,” terangnya.

Sebenarnya kunjungan Obama di Candi Borobudur ini adalah kunjungan yang ke-2. Sebelumnya, Obama pernah kemari saat muda.

Tujuan Obama ke candi, lanjut Edy, untuk mengajak keluarganya untuk bernostalgia melihat indahnya Candi Borobudur.

”Obama tampak antusias sekali untuk menjelajahi sudut-sudut candi, tak jarang dia sering menanyakan banyak hal kepada tour guide kami mengenai kapan candi ini dibuat, berapa banyak orang yang terlibat dalam pembuatan candi, serta berapa lama candi ini telah berdiri,” kata Edy

Setelah menikmati perjalanan ke Borobudur, dijadwalkan hari ini (29/6) Obama akan melanjutkan perjalanan wisatanya, menikmati Candi Hindu terbesar di dunia, Candi Prambanan. (bhn/cr2/man)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketika Dua Putri Obama Pakai Sarung Kuning di Pura Tirta Empul Bali


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler