Mobil pertama yang mengelilingi Australia, kini, dipamerkan di Museum Nasional Australia untuk memperingati 90 tahun sejak kendaraan ini memulai perjalanannya.

Pada tahun 1923, mobil Citroen 5CV- yang dikenal sebagai ‘Bubsie’ -berangkat dari Perth pada tanggal yang sama dengan hari ini, dan kembali pada tanggal 30 Desember.

BACA JUGA: Taylor Swift Selamatkan Pertunjukan Teater Ternama di Australia

Penjelajahan itu dianggap sebagai prestasi besar dan merupakan salah satu dari serangkaian perjalanan keliling Australia yang masuk berita utama pada saat itu.


Citroen 5CV yang dikemudikan Nevill Westwood adalah mobil pertama yang berkeliling Australia pada tahun 1952.

BACA JUGA: Animator Jawara Oscar Tolak Hollywood Demi Bangun Studio di Melbourne

Meski demikian, hanya misionaris muda dari perkumpulan ‘Seventh Day Adventist, Nevill Westwood, yang mampu mengemudi 5CV dan berhasil melakukan penjelajahan lengkap.

"Ide mengemudi keliling Australia telah menjadi sangat populer. Itu adalah mimpi yang ingin dicapai orang-orang saat itu," kata kurator Museum, Jennifer Wilson.

BACA JUGA: Pencinta Kopi dan Kucing Kini Bisa Nikmati Cat Cafe Pertama di Brisbane

Mobil itu kemudian menjadi sangat dicari, setelah ia diluncurkan di pasar Paris pada tahun 1921.

Jennifer mengatakan, keterjangkauan dan manuver mudah yang dimilikinya membuat mobil ini cocok dikendarai Nevill terlepas dari medan jalanan Australia yang berat.

"Ini dipasarkan terutama untuk perempuan. Sangat mudah untuk dikemudikan, ini adalah kendaraan yang sangat ekonomis, sangat bagus untuk jalanan Paris tetapi ternyata juga sangat populer di Inggris dan Australia,” terang Jennifer.

Ia lantas menceritakan, "Neville Westwood mengambilnya dan tentu saja ia tak benar-benar berpikir untuk berkeliling Australia ketika ia mulai mengemudikannya, tapi secara bertahap ia terbiasa dengannya itu dan mobil ini sendiri memiliki performa baik sehingga ia terus jalan."

Jennifer mengatakan, sejarah mobil ini berdampak pada semua warga Canberra.

"Saya pikir, ide bepergian dengan mobil adalah sesuatu yang semua warga Australia kenal. Ini adalah bagian yang sangat besar dari budaya Australia tetapi terutama untuk warga Canberra, saya pikir,” ungkapnya.

"Kami mengemudi di ibukota negara jadi saya berpikir bahwa hal itu adalah sesuatu yang bisa terhubung dengan masyarakat,” tambahnya.

Ia menuturkan, "Berkendara di jalanan, menjelajahi pedesaan Australia, sehingga gagasan untuk melihat sesuatu yang menunjukkan awal dari sesuatu di Australia, semacam terhubung dengan kami semua."

Mobil ini akan tetap dipajang di museum sepanjang sisa tahun ini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Puluhan Kepala Buaya Ditemukan di Kotak Pendingin di Darwin

Berita Terkait