Inilah Profil Pemimpin Baru Seskoal

Minggu, 31 Juli 2016 – 02:55 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi (tengah), Laksamana Pertama TNI Arusukmono Indra Sucahyo (kanan), dan Laksamana Muda TNI Dr. Herry Setianegara (kanan) melaksanakan Salam Komando usai upacara serah terima jabatan Komandan Seskoal di Lapangan Apel Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat (29/7). FOTO: Penerangan Seskoal

jpnn.com - JAKARTA - Laksamana Pertama TNI Arusukmono Indra Sucahyo,, Jumat (29/7) secara resmi menjabat sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal). Ia merupakan Komandan Seskoal ke-35 lembaga itu berdiri tahun 1962. ia menggantikan Laksamana Muda TNI Dr. Herry Setianegara.

Prosesi serah terima jabatan (sertijab) Komandan Seskoal berlangsung di Lapangan Apel Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi.

BACA JUGA: DPR: Kerusuhan Tanjung Balai Jangan Dianggap Sepele

Dalam upacara tersebut, KSAL menyematkan tanda jabatan kepada pejabat baru Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI Arusukmono Indra Sucahyo.

Arusukmono Indra Sucahyo adalah alumni AAL Angkatan ke-30 Tahun 1985. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Inspektur Operasi dan Latihan (Iropslat) Inspektorat Jenderal TNI AL (Irjenal) Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur yang telah dijabatnya sejak 6 Februari 2015 lalu.

BACA JUGA: Pangkolinlamil: Bangga Jadi Tempat Mengenal Dunia Kemaritiman

Karier di TNI Angkatan Laut diawali di beberapa KRI khususnya di jajaran Koarmatim. Di antaranya KRI Nala-363 (1986-1987), KRI Ajak-653 (1988-1992), KRI Cut Nyak Dien-250 dan Palaksa Lanal Jogjakarta dibawah Lantamal III Surabaya yang dijabatnya tahun 1996.

Perjalanan kariernya di TNI AL terus berlanjut. Alumni Seskoal Angkatan ke-36 tahun 1999 ini kemudian dipercaya untuk menjabat sebagai Komandan di beberapa KRI ataupun pendirat seperti Komandan KRI Ajak-653 (1999), Komandan KRI Mandau (2001), Komandan KRI Fatahilah (2002), Komandan KRI Yos Sudarso (2003), Komandan KRI Ki Hajar Dewantara-364 (2003), Komandan Lanal Balikpapan (2004), Komandan Satrol Armatim (2005), Komandan Satkat Armatim (2006).

BACA JUGA: Mensos Ajak Hargai Keberagaman

Jabatannya lainnya adalah Komandan Satkor Armatim (2007), Sahli A Pangarmatim Wilnas (2008), Paban III Lat Sops Mabesal (2008), Asops Koarmatim (2010), Paban I Renstra Srena Mabesal dan Sahli A Pangarmabar Wilnas.

Setahun setelah diberi kesempatan untuk mengikuti Pendidikan Lemhannas RI, Alumni Magister Manajemen, Unkris Jakarta (2014) ini dipercaya sebagai Danguskamlabar (2012), Waasrena Kasal (2013) Danlantamal IX Ambon (2014), Iropslat Itjenal Mabesal (2015) dan kemudian Komandan Seskoal (2016).

Sementara itu, Laksda TNI Herry Setianegara adalah Alumni AAL Angkatan ke-28 Tahun 1983 dan telah menduduki jabatan Danseskoal selama lebih kurang 2 tahun 3 bulan tepatnya sejak 2 Juni 2014 dan akan segera memasuki masa purna tugas.

KSAL Laksamana TNI Ade Supandi dalam sambutannya mengatakan bahwa serah terima jabatan merupakan proses berkelanjutan dari pembinaan personel dan organisasi dengan tujuan untuk mendinamisasikan lingkungan kerja yang terus bergerak adaptif guna menjawab tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks.

Menurut Ade, perkembangan lingkungan strategis yang salah satunya adalah transformasi dalam dunia militer atau dikenal dengan Revolution In Military Affairs (RMA) yang memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini menuntut peningkatan kapasitas dan kapabilitas pertahanan yang harus didukung oleh SDM berkualitas yang dibentuk melalui lembaga pendidikan.

“Seskoal sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI AL harus bertransformasi menjadi lembaga berkualitas dan modern serta mampu menghadapi tantangan globalisasi dan kemajuan teknologi mutakhir,” ujar Ade.

Bagian Penerangan Seskoal menyebutkan sejak berdiri tahun1962 hingga 2016, hasil didikan Seskoal mencapai puluhan ribu. Di antaranya Pendidikan Reguler sejumlah 4.471 orang perwira terdiri 3.978 Perwira TNI AL, TNI Angkatan Darat 95, TNI Angkatan Udara 100, dan Polri 67.

Selain itu, Perwira Siswa Mancanegara 231 dari berbagai negara antara lain Australia, Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Philipina, Korea, Jepang, Papua Nugini, Brunai Darussalam, India, Pakistan, Thailand, Ghana, New Zeland dan Chili.

Untuk alumni Sekolah Staf dan Fungsional Seskoal sebanyak 275 orang perwira serta alumni Kursus Manajemen Strategik TNI AL dan Dikmatra-3 TNI AL.

Saat ini Seskoal mendidik 150 Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-54 tahun 2016 terdiri dari 139 Perwira TNI AL, TNI AD dan TNI AU masing-masing 2 Pasis serta 7 Pasis Mancanegara yang terdiri dari Amerika, Australia, Jepang, Singapura, India, Malaysia dan Pakistan.

Upacara sertijab Danseskoal ini dihadiri Sekjen Kemhan, Kabakamla, Komandan Sesko TNI, Wakasal, Athan Negara sahabat, Para pejabat TNI dan Polri, Para pejabat Utama Mabesal dan pemimpin Kotama, para mantan Danseskoal, Ketua Umum dan Anggota Jalasenastri Wilayah Barat.

Acara tersebut dihibur dengan berbagai demonstrasi di antaranya Atraksi Karate Seskoal yang dimainkan oleh putra-putri Antap Seskoal bahkan salah satunya adalah putra dari Pasis Mancanegara Dikreg Seskoal Angkatan ke-54 TP 2016 asal Pakistan Navy, Drumband Sangkakala Taruna Hang Tuah yang dimainkan oleh 110 orang anak.(fri/jpnn)  

BACA ARTIKEL LAINNYA... Setara Institute: Toleransi Masyarakat Semakin Menipis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler