INSA Terima Penghargaan dari PLN

Jumat, 22 April 2022 – 21:25 WIB
Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) meraih penghargaan dari PT. PLN (Persero), sebagai mitra perusahaan pelayaran. Foto dok INSA

jpnn.com, JAKARTA - Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) meraih penghargaan dari PT. PLN (Persero), sebagai mitra perusahaan pelayaran.

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto mengatakan penghargaan ini diberikan atas komitmen INSA sebagai satu-satunya wadah organisasi pengusaha pelayaran nasional dalam melayani angkutan batu bara untuk kebutuhan PLN.

BACA JUGA: Aming Pamer Dada Montok, Aura Kasih Langsung Tanya Ukuran, Kayak Gede Banget

Carmelita menyebutkan hal ini sejalan dengan visi dan misi INSA, sebagai infrastruktur pembangun perekonomian, serta turut memberdayakan pelayaran niaga nasional.

“INSA sangat menghargai dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh PLN,” ujar Carmelita di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (21/4).

BACA JUGA: Berhubungan Intim Sekadar Menyalurkan Syahwat & Memperoleh Kenikmatan, Bolehkah?

Seperti diketahui, pada awal tahun ini terjadi kekurang stok batu bara di 17 PLTU yang dikelola PLN sehingga dibutuhkan volume batu bara yang lebih besar.

Guna mengatasi permasalahan hal ini, kementerian dan lembaga serta stakeholder terkait bersama INSA melakukan rapat koordinasi mengenai pemenuhan batu bara PT PLN.

BACA JUGA: Lewat Cara ini PLN Mendorong Keterlibatan Perempuan Untuk Berkarier

Kerja keras INSA dan anggotanya bersama seluruh stakeholder di sektor kelistrikan nasional membuahkan hasil, PLTU tersebut rata-rata sudah mencapai 15 hari operasi (HOP).

Carmelita mengungkapkan, keberhasilan keluar dari krisis kelangkaan batu bara merupakan hasil kerja efektif yang dilakukan INSA untuk mengkonsolidasikan armada perusahan pelayaran nasional anggota INSA. Sekaligus, lanjutnya, ini menjadi bukti nyata manfaat positif penerapan asas cabotage bagi negara.

Sejak diterapkannya asas cabotage, armada nasional terus bertumbuh pesat sehingga mampu melayani seluruh kebutuhan angkutan dalam negeri.

Selain itu, armada nasional dapat dikerahkan dalam menghadapi situasi genting, seperti krisis pasokan batu bara nasional.

“Ini berkat sinergi dan koordinasi antara INSA dan anggotanya bersama Kemenko Marinvest, Kemenhub, PLN, Ditjen Minerba dan lainnya, yang dibantu dengan anak perusahaan BUMN, termasuk kapal-kapal Merah Putih yang saat itu menjalankan ekspor namun sementara ikut mengangkut angkutan batu bara domestik,” jelasnya.

Di tempat yang sama, DPP INSA juga menggelar buka puasa bersama dan memberikan santunan kapada anak yatim piatu.

“Acara ini sebagai wujud syukur dan mempererat silaturahmi INSA, sekaligus meningkatkan sinergi dengan stakeholder industri pelayaran nasional,” kata Carmelita.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kominfo Ajak Masyarakat Bela Negara Lewat Cara ini


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler