Instagram Rilis Fitur Baru, Bisa Kembalikan Unggahan yang Dihapus

Rabu, 03 Februari 2021 – 23:21 WIB
Ilustrasi logo Instagram. Foto: Antara

jpnn.com - Instagram merilis fitur baru yang dinamai recently deleted yang berfungsi memudahkan penggunanya mengembalikan unggahan yang dihapus.

Pengguna dimungkinkan meninjau konten yang telah dihapus, termasuk foto, video, Reels, IGTV, dan Stories.

BACA JUGA: Baru Kenal, MM Minta Begituan, Tasya Menolak, Jleb, Teras Rumah Banjir Darah

Instagram memposisikan fitur tersebut bermanfaat melawan peretasan, terutama jika peretas mendapatkan kendali atas akun dan mulai menghapus konten.

"Kami tahu ini adalah sesuatu yang diminta banyak orang, dan kini untuk pertama kalinya, Anda dapat meninjau dan memulihkan konten yang dihapus di aplikasi Instagram," tulis Instagram.

BACA JUGA: Si Tua Bangka Cari Pelampiasan, Eh.. Tertangkap Basah

"Kami juga menambahkan perlindungan untuk membantu mencegah peretas menyusupi akun pengguna dan menghapus unggahan yang telah dibagikan."

Untuk memanfaatkan fitur tersebut, pengguna perlu mengonfirmasi bahwa mereka adalah pemilik akun melalui teks atau email untuk menghapus atau memulihkan konten secara permanen.

BACA JUGA: Instagram Stories versi Desktop Hadir dengan Tampilan Baru, Cek Pembaruannya

Item yang dihapus akan tetap berada di folder selama 30 hari, dan jika tidak disentuh, item akan dihapus secara otomatis.

Sementara itu, Stories yang dihapus menjadi pengecualian. Stories yang dihapus dapat bertahan selama 24 jam sebelum dihapus secara permanen.

Untuk mengakses folder unggahan yang telah dihapus, dapat membuka Settings > Account > Recently Deleted.

Instagram sebelumnya telah menawarkan fitur arsip, atau cara untuk menyimpan unggahan yang tidak dapat dilihat oleh orang lain.

Fitur memungkinkan orang untuk menyimpan unggahan mereka sebagai opsi, jika mereka tidak ingin menghapusnya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler