Instansi Pemerintah Diminta Susun Man Power Planning

Untuk Perencanaan Pengadaan PNS

Selasa, 07 Desember 2010 – 19:49 WIB

JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Edy Topo Ashari, mengimbau setiap instansi dapat menyusun perencanaan sumber daya manusia (man power planning) untuk tiga hingga lima tahun ke depanPenyusunan man power planning terkait erat dengan kebutuhan analisis manajemen kepegawaian, sehingga pemerintah bisa menyusun formula tentang kebutuhan rill untuk pengadaan pegawai.

"BKN mempunyai tanggung jawab dalam pengelolaan manajemen PNS, karenanya senantiasa berupaya meningkatkan kesadaran PNS dalam mewujudkan sumber daya aparatur yang profesional dan kompeten secara bertahap," kata Edy dalam keterangan persnya, Selasa (7/12). 

Dijelaskannya, salah satu fungsi manajemen PNS yang selalu mendapat perhatian masyarakat luas adalah rekrutmen CPNS

BACA JUGA: BKN Kekurangan 35 Ribu Soal CPNS

Menurutnya, dasar pengadaan CPNS yang ideal adalah dengan memperhatikan kebutuhan riil berdasarkan analisis jabatan dan kebutuhan pegawai.

"Adanya tenaga honorer di pusat dan daerah menjadi salah satu permasalahan tersendiri dalam manajemen kepegawaian," ucapnya.

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN&RB) juga pernah meminta setiap instansi pusat dan daerah membuat perencanaan lima tahun tentang kebutuhan PNS
Dengan perencanaan ini, setiap instansi tidak perlu membuka lowongan penerimaan CPNS tiap tahunnya

BACA JUGA: Kapolri Dituding Ambangkan 3 Jabatan Strategis

BACA JUGA: Referendum Jogja Bisa Pancing Daerah Lain

(Esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ilham Habibie dan Priyo Perang Baliho


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler