Inter Pastikan Keberadaan Benitez

Rabu, 09 Juni 2010 – 14:44 WIB
Rafael Benitez. Foto : AFP

MILAN - Tim kontestan Serie A Italia yang baru saja sukses meraih tiga gelar (treble winners) musim ini, akhirnya memastikan siapa pengganti pelatih Jose Mourinho yang sudah pindah ke Real MadridSosok itu tak lain adalah Rafael Benitez, pelatih asal Spanyol yang baru saja pekan lalu resmi menghentikan kontraknya dengan klub Liga Inggris, Liverpool.

Presiden Inter, Massimo Moratti, sebagaimana dirilis Liverpool Daily Post dan sejumlah situs lain, mengutip keterangan dari situs resmi Inter Milan, beberapa jam lalu telah menyampaikan kabar itu

BACA JUGA: Park Menatap Piala Asia

Moratti memastikan bahwa bergabungnya Benitez, yang dalam beberapa waktu belakangan memang disebut-sebut sudah diajak bicara oleh pihak Inter, secara resmi diumumkan Rabu (9/6) pagi ini waktu setempat.

"Kami telah menyepakati detail akhirnya, yang (sebenarnya) bukanlah bagian penting
Rabu ini kami akan umumkan (keberadaan) Rafael Benitez," ungkap Moratti beberapa jam lalu, dalam pernyataan resminya di situs klub tersebut, www.inter.it

BACA JUGA: Terry Sudah Fully Booked

"Yang tinggal sekarang hanyalah penandatanganan," lanjutnya.

Moratti menambahkan bahwa negosiasi akhir dengan Benitez sendiri tidak dilakukan dengan yang bersangkutan langsung
Namun ia memastikan bahwa pelatih yang mestinya masih punya kontrak empat tahun di Anfield - kandang Liverpool - itu bakal muncul pada waktunya (hari ini, Red) di Milan untuk pengumuman resmi

BACA JUGA: Operasi Kedua Rossi Sukses

"Saya rasa Benitez tidak (sedang) di Italia, tapi akan datang saat perkenalanRabu ini kami pastikan dia akan diperkenalkan (secara resmi)," jelas Moratti lagi.

Senin (7/6) lalu waktu setempat, Morati juga sebenarnya sudah menyampaikan bahwa deal dengan pelatih berusia 50 tahun itu "kurang lebih sudah beres"Ia juga menambahkan keyakinan bahwa detail akhir kesepakatan itu akan beres dalam 24 jamSejumlah laporan media di Italia sempat menyebutkan bahwa Benitez bakal dikontrak selama tiga tahun senilai EUR 5 juta per musimNamun untuk itu, Moratti sempat membantah dan menyebutnya "off track" (keliru) baik dari segi jangka waktu maupun nilainya.

Dengan kepastian kepindahannya itu, Rafa - sapaan akrab Benitez - sendiri disebut-sbut bakal membawa serta (dari Liverpool) sejumlah sosok yang dekat dengannyaTermasuk di antaranya adalah asisten pelatih Mauricio Pellegrino, pelatih kiper Xavi Valero serta pelatih fitness Paco de Miguel, berikut juga Amedeo CarboniSementara itu dari sisi pemain, banyak juga yang disebut-sebut berpotensi ikut gerbong Benitez, mulai dari Javier Mascherano, hingga Fernando Torres dan Steven Gerrard.

Namun yang dianggap paling bisa jadi kenyataan adalah Mascherano, pemain tengah asal Argentina yang dikenal dekat sekaligus memuji sosok BenitezSeperti dirilis Independent misalnya, salah satu komentar Mascherano terhadap rencana kepindahan Benitez ke Inter adalah bahwa pelatih itu merupakan pilihan paling tepat bagi Inter"Hanya benitez yang dapat menempati posisi pelatih seperti Jose MourinhoIa (Benitez) adalah pelatih yang hebatIa memiliki kharisma, kepribadian, mental untuk menang," ucapnya.

Liverpool sendiri, usai kepastian pindahnya Benitez tersebut, dilaporkan tidak terburu-buru ingin mencari pelatih baruBahkan disebutkan, bisa jadi butuh waktu sebulan bagi tim berjuluk The Reds tersebut untuk memastikan sosok coach baru di AnfieldDilaporkan, sebelum ini malah sudah ada semacam 'warning' prasyarat dari manajemen Liperpool, bahwa kandidat yang bakal direkrut tak boleh ada komunikasi dengan Benitez setidaknya dalam dua pekan setelah kepergiannya.

Salah satu rumor di internet, sosok kondang di Liverpool yang sebenarnya kini sudah bertugas sebagai tim pencari pelatih baru The Reds bersama Christian Purslow, yakni Kenny Dalglish, bisa jadi akhirnya mengisi posisi ituNamun manajemen The Reds membantahnya, dengan menyebut bahwa tak mungkin orang yang bertugas merekrut akhirnya menunjuk dirinya sendiriDi luar itu, nama yang tampaknya cukup menguat adalah manajer Fulham Roy Hodgson, serta beberapa nama potensial lain macam Martin O'Neill dan Mark Hughes(ito/jpnn)

Perjalanan Karir Rafael Benitez

-Dilahirkan di Madrid, 4 April 1960
-1974: Masuk Real Madrid, namun kurang berkembang (sebagai pemain).
-1981: Cabut dari Real Madrid (tanpa pernah bermain untuk tim utama) dan bergabung dengan tim Divisi 3, Parla.
-1983: Jadi bagian dari tim Parla yang promosi ke Segunda B.
-1986: Berhenti sebagai pemain, lalu ditunjuk sebagai bagian dari tim pelatih Real Madrid (mulai tim yunior hingga tim U-19).
-1994: Membawa tim B Real Madrid ke posisi 7 Divisi 2 Spanyol dan lantas ditunjuk sebagai asisten Vicente del Bosque di tim utama.
-1995: Ditujuk sebagai pelatih Real Valladolid, namun diberhentikan setelah 23 pertandingan lantaran tim itu berada di dasar klasemen Liga Primera.
-1996: Mengambil posisi pelatih di Osasuna, di Divisi 2, namun hanya bertahan sembilan pertandingan dengan satu kemenangan.
-1997: Gabung dengan Extremadura (masih di Divisi 2) dan sukses membawa tim itu promosi.
-1999: Extremadura harus terdegradasi usai kekalahan play-off dari Villarreal.
-1999-2000: Berhenti dari Extremadura, mengambil masa setahun untuk studi kepelatihan di Italia dan Inggris.
-2000: Ditunjuk sebagai pelatih tim Divisi 2, Tenerife, dan sukses membawa mereka promosi.
-2001: Menggantikan Hector Cuper di Valencia, serta sukses membawa klub itu meraih gelar Liga Primera pertama mereka dalam 31 tahun.
-2004: Sukses membawa Valencia meraih gelar ganda (double) pertamanya, Liga Primera dan Piala UEFA.
-2004 (1 Juni): Valencia mengumumkan bahwa Benitez dan klub itu sama-sama sepakat untk berpisah.
-2004 (16 Juni): Dipastikan sebagai manajer Liverpool dengan kontrak lima tahun.
-2005: Memenangi Liga Champions di musim pertamanya di Liverpool, dalam final di Istanbul, Turki (lewat adu penalti setelah tim itu ketinggalan 0-3 dari Milan).
-2007 (Februari): Duo Amerika, Tom Hicks dan George Gillett, membeli Liverpool dari David Moores, serta bertekad membawa kembali gelar Liga Primer (EPL) ke Anfield.
-2007 (Mei): Liverpool kembali sampai di final Liga Champions di Athena, namun dikalahkan lawannya tahun sebelumnya, AC Milan.
-2008: Hubungan Benitez dan manajemen Liverpool mulai memburuk, terutama karena masalah kebijakan transfer (pemain), yang sekaligus diyakini mengancam kelangsungan posisi sang pelatih ke depan.
-2009 (18 Maret): Benitez tandatangani kontak baru di Liverpool, usai berbulan-bulan tanpa kepastian, yang membautnya bisa berada di Anfield hingga 2014.
-2009 (November): Posisinya kian sering disoroti pasca enam kekalahan dalam tujuh partai terakhir di semua kompetisi (termasuk gagal di fase awal Liga Champions).
-2010 (13 Januari): Benitez makin terancam, usai gagalnya The Reds di Piala FA.
-28 Maret: Memastikan komitmennya dengan Liverpool, sebelum kemudian mendiskusikan masa depannya dengan ketua baru klub itu, Martin Broughton.
-29 April: Liverpool kembali gagal, kali ini di fase semifinal Europa League (lawan Atletico Madrid).
-09 Mei: Seri tanpa gol pada hari terakhir EPL melawan tim degradasi, Hull, memastikan Liverpool akhirnya hanya berada di posisi 7 (terburuk sejak 1999).
-03 Juni: Resmi berhenti (dengan kesepakatan) dari Liverpool.
-08 Juni: Dipastikan oleh Inter Milan sebagai pelatih baru tim itu, mengisi posisi yang ditinggal mantan rivalnya di EPL, Jose Mourinho.
Sumber: Skysports.com.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kualitas Sama dengan Timur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler