Intip Perjalanan Spiritual Angelina Sondakh Menjadi Muslimah

Selasa, 24 Oktober 2017 – 10:40 WIB
Angelina Sondakh saat masih menjalani sidang di Pengadilan Tipikor. Foto: dokumen JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Artis sekaligus politisi Angelina Sondakh menjadi salah satu selebritas yang memutuskan untuk menutup aurat.

Namun di balik keputusannya mengenakan hijab, tentu ada perjalanan dan pemaknaan hidup yang telah dilalui oleh Putri Indonesia 2001 ini.

BACA JUGA: Subhanallah! Angelina Sondakh Jadi Guru Ngaji di Penjara  

Senyum, tawa, air mata, dan banyak kisah hidup wanita karib disapa Angie ini yang telah menempanya hingga jadi seperti sekarang.

Sejak kematian suaminya, Adjie Massaid pada 5 Februari 2011, aura kesedihan sepertinya selalu menghampiri Angie.

BACA JUGA: Tika Ramlan Bersyukur Tinggalkan Dunia Hiburan

Hingga akhirnya, dia harus berurusan dengan hukum lantaran tersangkut kasus suap Wisma Atlet di Palembang, Angie pun mau tak mau harus tinggal di dalam penjara.

2008 Memeluk Agama Islam

BACA JUGA: Putuskan Berhijab, Tika Ramlan Berhenti Jadi Artis?

Ibu satu anak itu diketahui mulai mempelajari agama Islam pertama kali sejak kenal dekat dengan mendiang suaminya, Adjie Massaid.

Saat itu, wanita karib disapa Angie tengah melakukan pendekatan dengan almarhum suaminya dan ingin dekat dengan anak-anak Adjie.

Perempuan asal Manado itu memang belajar Islam setelah pacaran dengan Adjie. Hingga akhirnya di tahun 2008, Angie memutuskan menjadi mualaf. Kala itu, dia memilih untuk menutupi statusnya sebagai mualaf karena alasan keluarga.

Hingga akhirnya, dia menikah dengan mantan suami Reza Artamevia itu pada 29 April 2009. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Keanu Jabaar Massaid.

2012, Digosipkan Pindah Keyakinan

Pada tahun 2012, pemilik nama lengkap Angelina Patricia Pinkan Sondakh itu sempat dikabarkan

pindah keyakinan, memilih untuk kembali memeluk agama Kristen.

Namun kabar itu dihadapinya dengan santai. Dia pun kemudian mengklarifikasi kabar tersebut.

"Subhanallah, kata Allah cara untuk membersihkan dosa kita pertama lewat musibah dan melalui fitnah orang lain," ujar Angie di Pengadilan Tipikor, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/11/2012).

Fitnah itu, dianggap Angie sebagai penghapus dosanya. Sesuai yang dipelajarinya, dia akan berusaha memaafkan orang-orang yang memfitnahnya selama ini.

"Saya menerima kalau Allah membersihkan dosa-dosa saya melalui fitnah orang lain. Saya sering nonton ustaz Yusuf Mansur setiap pagi, kalau perjalanan hidup kita ini tersendat-sendat selesaikan lah urusan mu dengan Allah, salat lima waktu jalankan yang sunah. Kalau ada yang memfitnah maafkan, ayah saya juga selalu berpesan seperti itu," tukasnya.

2015, Mulai Tampil Berkerudung

Artis sensasional Nikita Mirzani pernah mengungkap bahwa Angie sudah tampil religius.

Saat itu, Nikita menjadi rekan sesama warga binaan di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Kala itu, Nikita mengatakan bahwa Angie sudah mengenakan kerudung dan menjadi lebih religius.

"Dia tetap cantik kok, masih seksi dan pakai kerudung lagi. Soalnya kan di sana polanya makan, tidur, salat, jadinya pasti lebih religius. Niki juga gitu kok," ungkap Nikita Mirzani April 2015 lalu, sesaat setelah dia bebas dari penjara.

Juli 2015, Memutuskan Berhijab

Pada Juli 2015, Angie akhirnya memutuskan berhijab. Hal itu diungkap kekasihnya, Brotoseno, usai menjenguk Angie bersama anak semata wayangnya, Keanu Jabaar Massaid.

"Saat ini dia (Angelina Sondakh) sudah berhijab. Semoga dia senantiasa ikhlas dan istiqomah," ucap Brotoseno, di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Jumat, (17/7/2015).

Menurut Brotoseno Angie nampak lebih cantik mengenakan hijab. Ia berharap kalau Angie tetap konsisten. "Semoga tetep istiqomah dan tetap tabah menjalani semuanya," ujarnya.

2017, Menjadi Guru Ngaji

Kabar teranyar dari Angelina Sondakh di dalam penjara diungkap ustaz Yusuf Mansur.

Sang ustaz mengungkap bahwa Angie mengalami banyak perubahaan selama menjalani sisa masa tahanannya di Lapas Perempuan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Perubahan istri almarhum Adjie Massaid itu diketahui dari halaman opini yang diposting pria dikenal dengan julukan UYM itu di akun Instagram pribadinya pada Senin (23/10) siang.

Dalam postingan yang berupa screenshoot halaman opini itu bertuliskan Masya Allah, Penjara Menempa Angelina Sondakh Hapalkan 15 Juz Al Quran.

UYM pun ikut memberikan keterangan terkait perubahan Angie merupakan bagian dari rencana Allah untuk menjadikan umatnya lebih baik.

"Allah Punya Kuasa. Allah Punya Rencana. Bahkan beliau menjadi guru ngaji bagi warga binaan yang ga bisa ngaji. Fabi-aiyyi-aalaa-i-robbikuma tukadzdzibaan," tulis UYM.(mg7/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pembunuh Istri Itu Menangis, Mengaku Sudah Mualaf


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler