Investor Muda di Pasar Modal Tumbuh Pesat, Kompetisi Saham Setingkat ASEAN Digelar

Senin, 19 Agustus 2024 – 13:30 WIB
Ilustrasi. CGSI saat mengadakan acara Ikut Sekolah Pasar Modal di Gedung BEI. Foto: Instagram CGSI

jpnn.com - CGS International Sekuritas Indonesia bersama grup CGS International Securities kembali mengadakan ASEAN Investment Challenge (AIC) 2024 untuk kedua kalinya.

Acara ini dibuka secara serentak pada 1 Agustus hingga 30 September 2024 di empat negara ASEAN: Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Thailand.

BACA JUGA: Pesan Menko Airlangga Kepada Pelaku Pasar Saham: Tidak Perlu Wait and See, Gaspol!

Mengusung tema 'Your Galaxy Your Way', acara ini mencerminkan komitmen penyelenggara dalam mengembangkan pasar modal di Indonesia dan ASEAN.

Berdasarkan data terkini, jumlah investor di Bursa Efek Indonesia telah melampaui 13 juta, dengan lebih dari 55% didominasi oleh investor muda per Juni 2024.

BACA JUGA: KDB Tifa Diminta Segera Bagikan Dividen kepada Pemilik Saham

Gen Z dinilai lebih memandang pasar modal sebagai potensi investasi dengan imbal hasil tinggi, yang dapat mendukung tujuan finansial masa depan.

Meningkatnya minat dan partisipasi kaum muda dalam investasi pasar modal, terutama saham, memerlukan dukungan edukasi dan inovasi.

BACA JUGA: Transaksi Saham Syariah Makin Mudah, Kini Bisa Pakai Rekening BSI

Oleh karena itu, AIC 2024 menawarkan program literasi finansial dan pengalaman investasi saham yang komprehensif.

Peserta akan berkompetisi sekaligus mendapatkan kesempatan belajar melalui kelas edukasi dan pengalaman investasi langsung.

Selain itu, mereka juga akan memperoleh pengetahuan tentang pentingnya investasi berbasis ESG (Environmental, Social & Governance) dari para ahli.

Kompetisi ini didukung penuh oleh empat bursa saham ASEAN: Bursa Malaysia, Bursa Efek Indonesia, Bursa Singapura, dan Bursa Efek Thailand.

ASEAN Investment Challenge 2024 ditujukan untuk mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis dari empat negara ASEAN.

Di Indonesia tersendiri, 250 universitas ternama diundang untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Presiden Direktur CGS International Sekuritas Indonesia, Lim Kim Siah berharap jumlah peserta AIC 2024 dapat mencapai 3.000 mahasiswa.

"Kami sadar literasi keuangan yang berkelanjutan merupakan salah satu dari pilar utama dan merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap mendukung tujuan United Nations Sustainable Development Goals yang ke-empat yaitu, Edukasi yang Berkualitas; demi mengupayakan kaum muda untuk membuat keputusan investasi yang dampaknya bisa berkelanjutan di masa depan," kata Lim.

AIC 2024 bertujuan membuka peluang bagi kaum muda Indonesia untuk memanfaatkan potensi investasi sebagai instrumen yang relevan dan berkelanjutan.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi saat ini dan masa depan.

Peserta juga berkesempatan memahami strategi transaksi saham dan perbedaan antara transaksi saham pasif dan aktif.

Adapun materi yang akan didapat peserta meliputi pengenalan investasi dasar, penggunaan analisis teknikal dan fundamental, manajemen risiko, pengelolaan emosi dalam bertransaksi saham, serta pengenalan saham berbasis ESG.

Total hadiah yang ditawarkan dalam agenda ini diketahui mencapai ratusan juta rupiah. (mcr31/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Romaida Uswatun Hasanah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
AIC 2024   investasi   pasar modal   saham   ASEAN  

Terpopuler