Iptu Rudiana Bersedia Bongkar Makam Eky Demi Ungkap Kejanggalan di Kasus Vina Cirebon

Rabu, 31 Juli 2024 – 18:21 WIB
Iptu Rudiana ayah dari korban Eky (kiri) saat memberikan keterangan pers, di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (30/7/2024). ANTARA/Fathnur Rohman.

jpnn.com, CIREBON - Iptu Rudiana, ayah dari almarhum Eky yang meninggal diduga dibunuh di Kabupaten Cirebon tahun 2016, masih meyakini jika anaknya tewas dianiaya.

Hal itu setelah Rudiana melihat langsung kondisi jasad Eky atau Muhammad Rizky di ruang mayat rumah sakit sesaat setelah kejadian.

BACA JUGA: Iptu Rudiana Bantah Merekayasa Kasus Vina Cirebon dan Siap Sumpah Pocong

Rudiana mengatakan pada hari kejadian atau 27 Agustus 2016, dia menerima laporan putranya tewas dan berada di kamar mayat. Saat itu, Rudiana tidak mengetahui informasi adanya kecelakaan lalu lintas.

“Itu saya tidak tahu (kecelakaan), karena saya dapat laporan dari SPK kalau anak saya ada di jam 11 (malam) di kamar mayat karena kecelakaan,” kata Rudiana, Rabu (31/7/2024).

BACA JUGA: Usut Kesaksian Palsu Aep dan Dede di Kasus Vina, Bareskrim Gelar Perkara

Saat melihat kondisi mayat anaknya, Rudiana menilai ada ketidakwajaran dalam kematian Eky. Pasalnya, di tubuh Eky ada banyak bekas luka karena benda tumpul, bukan karena kecelakaan.

“Saya lihat langsung mulai dari luka dahi ke dalam, gigi hancur, rahang patah, pergelangan patah, terus kemudian ada biru (lebam) di kanan kiri. Kena seperti benda tumpul, pergelangan kaki kanan patah. Ini ada di mana-mana, itu ada penganiayaan,” beber dia.

BACA JUGA: Pengakuan Dede Soal Skenario Kasus Vina Bisa Langsung Diusut, Tak Perlu Laporan

Dia pun membantah soal dugaan adanya penyiksaan kepada delapan orang pelaku yang kini tujuh di antaranya menjadi terpidana seumur hidup.

Menurutnya, saat kejadian dirinya memang bertugas di bagian Satuan Reserse (Satres) Narkoba. Rudiana mengaku memang ikut mengamankan ke delapan pelaku tersebut.

“Saya enggak nangkap ya, saya hanya mengamankan saja. Beda ya, nangkap dan amankan. (Penganiayaan) tidak ada. Setelah saya menyerahkan para terpidana ke penyidik, semua saya percayakan ke penyidik,” urai dia.

Untuk membuktikan, Rudiana pun bersedia untuk membongkar kembali makam Eky dan dilakukan autopsi ulang.

“Kalau buat penyidikan mangga (silakan). Walaupun saya sangat berat (makam) anak saya dibongkar lagi, anak tidak tenang,” ucapnya. (mcr27/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Iptu Rudiana Disudutkan di Kasus Vina & Eky, Elza Syarief Bakal Lakukan Somasi


Redaktur : Elfany Kurniawan
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler