Irjen Iqbal Minta Jajaran Siaga Penuh Atasi Bencana Alam

Selasa, 22 November 2022 – 19:29 WIB
Gubernur Riau Syamsuar dan Kapolda Riau Irjen Iqbal dalam kegiatan apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanganan bencana alam Riau 2022, Selasa (22/11). Foto: Bid Humas Polda Riau

jpnn.com, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengharapkan adanya gerakan kolaboratif dalam menangani bencana alam di Bumi Lancang Kuning.

Hal itu disampaikan Iqbal dalam kegiatan apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanganan bencana alam Riau 2022, Selasa (22/11).

BACA JUGA: 4.000 Personel Gabungan di Riau Bersiaga Mengantisipasi Bencana Alam

Apel gelar pasukan siaga bencana dilaksanakan di halaman apel Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman. Hadir pada Forkopimda di Riau.

"Apel siaga ini kami persiapan sekitar 4 ribu lebih personel. Prinsipnya pemerintah provinsi, kabupaten/kota didukung sepenuhnya oleh TNI, Polri dalam hal ini Korem, Lanud, Lanal, dan Polda Riau sudah harus aksi dan menyiapkan mesin-mesin serta semua satu kesatuannya untuk melakukan dua hal yang preemtif dan preventif," kata Irjen Iqbal.

BACA JUGA: PMI Jakarta Utara Kerahkan Sukarelawan ke Lokasi Bencana Cianjur

Dalam menghadapi bencana, kata Iqbal, langkah pencegahan sangat penting.

Dia meminta jajarannya memperhatikan drainase, sampah, dan lain-lain, sehingga potensi untuk banjir serta longsor dapat diminimalisasi.

BACA JUGA: PKB Segera Buat Posko Darurat untuk Bantu Korban Bencana Gempa Cianjur

"Imbauan-imbauan melalui Babinsa, Bhabinkamtibmas, kepala desa, dan lain-lain sudah bergerak semua. dan yang kedua TNI&Polri sudah menyiapkan skenario-skenario terburuk di kabupaten/kota masing-masing," jelas dia.

Eks Kapolda NTB itu menerangkan banjir saat ini baru terjadi di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sama Rokan Hilir (Rohil), sedangkan Dumai hanya rob.

"Alhamdulillah, sampai hari ini belum begitu bisa dikatakan rawan, tetapi mapping kami dari tahun ke tahun tiga kabupaten/kota itu yang kami waspadai," jelas dia.

Mantan Kadiv Humas Polri itu juga menyampaikan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Kampar juga harus diwaspadai.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan sebentar lagi Indonesia memasuki perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Untuk itu juga perlu menyiapkan apel kesiapsiagaan dalam rangka menghindari terjadinya bencana banjir, longsor, dan lainnya," jelas Syamsuar.

Diketahui, beberapa daerah di Riau telah terjadi banjir. Syamsuar mengimbau masyarakat di daerah-daerah rawan bencana alam seperti banjir, longsor, dan angin puting beliung untuk siap siaga atau waspada.

Jika terjadi bencana alam, Syamsuar meminta masyarakat tidak sungkan dan segera melapor atau menghubungi pemerintah setempat, baik kepala desa, lurah, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas.

"Untuk itulah hari ini kami melaksanakan apel siaga bersama TNI/Polri dalam rangka jika nanti terjadi bencana kita sudah siap," pungkas Syamsuar. (tan/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bencana Longsor di Gowa, Tim SAR Temukan Serpihan Kepala


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler