Irjen M Iriawan Jadi Sesepuh Sunda, Ini Harapan Bung Komar

Senin, 14 Mei 2018 – 13:05 WIB
Anggota Komisi II DPR Fraksi PDI Perjuangan Komarudin Watubun (batik merah) saat hadir pada acara penyerahan sesepuh tanah Sunda. Foto: Charlie Lopulua/Indopos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR RI Komarudin Watubun memberikan apresiasi kepada Irjen Mochamad Iriawan yang dilantik sebagai sesepuh Jawa Barat, Minggu (13/5).

Iriawan dilantik oleh tokoh sesepuh Jawa Barat Solihin GP di Bumi Sangkuriang, Jalan Kiputih, Bandung.

BACA JUGA: Kisah Bela Septiana dan Kejutan dari Mbak Puan

Menurut Komarudin, pergantian tongkat estafet dari pria yang karib disapa Iwan Bule dari Solohin GP merupakan faktor alamiah yang sering terjadi.

“Provinsi Jabar yang menyimpan sejarah bangsa sebagai tonggak sejarah berdirinya Indonesia tentu sangat membutuhkan generasi penerus yang tidak diragukan komitmennya terhadap ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa,” kata Komarudin.  

BACA JUGA: Jangan Buka Ruang Dialog dan Negosiasi dengan Teroris

Menurut politikus PDI Perjuangan itu, Iwan Bule merupakan salah satu putra terbaik Jabar.

Komarudin menambahkan, Iwan Bule sangat memahami kondisi Jabar karena pernah menjadi kapolda di sana.

BACA JUGA: Jago PDIP di Pilgub Sumsel Bakal Lanjutkan Sukses Alex

Secara psikologis dan sosiologis mantan Kapolda Metro Jaya Jakarta itu juga dianggap mudah diterima oleh masyarakat Jabar.

Selain itu, Iwan Bule juga memiliki karier nan gemilang. Pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris Utama Lemhanas itu sukses menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat Jawa Barat dalam Konferensi Asia-Afrika pada 2015, Pilkada DKI Jakarta 2017, dan mengamankan Aksi 212

"Saya percaya dia bisa menjaga tanah Sunda dari ancaman-ancaman terhadap ideologi negara Pancasila sebagai ruh Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas pria yang karib disapa Bung Komar itu.

Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP itu, sejarah Indonesia tidak bisa dilepaskan dari tanah Sunda.

Dia menyebut peristiwa Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945 sebagai pintu Proklamasi 17 Agustus 1945.

Selain itu, lagu Halo-Halo Bandung juga memberikan semangat juang kepada Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Demikian pula dengan dinamika politik nasional. Jabar yang memiliki penduduk sekitar 46,5 juta jiwa merupakan provinsi dengan penduduk nomor satu di Indonesia.

“Dengan demikian, amanat yang dipercayakan masyarakat Sunda ini wajib dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Leluhur dan alam Sunda akan bahu-membahu untuk mewujudkannya,” tegas penulis buku Staging Point RI Abad 21 itu. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sekjen PDIP Kagumi Daya Juang Mama Emi


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler