Irjen Rikwanto: Jangan Anggap Remeh Covid-19

Kamis, 18 Maret 2021 – 21:09 WIB
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto. (ANTARA/Firman)

jpnn.com, BANJARMASIN - Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Rikwanto mengingatkan masyarakat tidak menganggap remeh Covid-19. Pasalnya, Covid-19 sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian.

"Keliru besar jika masih ada yang menyepelekan Covid-19. Sudah banyak orang meninggal dunia akibat pandemi ini," kata Irjen Rikwanto di Banjarmasin, Kalsel, Kamis (18/3).

BACA JUGA: Irjen Rikwanto Mengajak Ulama Ikut Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua

Mantan Kapolda Maluku Utara itu mengatakan penderita yang tidak sadar telah terpapar, dan keterlambatan pengobatan memicu kematian pasien Covid-19.

Oleh karena itu, Irjen Rikwanto mengatakan memeriksakan diri dengan segera bila merasa ada gejala atau tidak nyaman sangat penting untuk dilakukan. 

BACA JUGA: Jenderal Listyo Sigit Minta Personel TNI dan Polri Tetap Jalankan Ini

Dia menegaskan deteksi dini dapat mencegah kondisi lebih parah.

“Menurut para ahli, Covid-19 ini seribu wajah. Jadi, gejalanya pada setiap orang berbeda-beda termasuk (ada yang) tanpa gejala," katanya.

BACA JUGA: Mudik Tak Dilarang, Polri Mulai Bahas Operasi Ketupat 2021

Irjen Rikwanto mengatakan penerapan protokol kesehatan yang wajib dilakukan setiap orang merupakan kunci keberhasilan dalam mencegah penularan Covid-19.

Kapolda dalam kesempatan itu juga mengingatkan kepada anggotanya agar menerapkan konsep bekerja dengan protokol kesehatan ketat 5M meliputi mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau interaksi.

Lebih lanjut Irjen Rikwanto mengatakan satu tahun Covid-19 mewabah di Indonesia harusnya menjadi pembelajaran untuk seluruh pihak termasuk bagi anggotanya dalam pemeliharaan kesehatan.

"Saya ingatkan, mulai hari ini tidak ada kelengahan, kelalaian, dan jangan underestimate atau menganggap remeh dalam menghadapi Covid-19. Semua personel harus ketat menerapkan protokol kesehatan,” pungkas Irjen Rikwanto. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler