Irjen Yan Sultra: Kami akan Memeriksa Perizinan Penjualan Petasan

Minggu, 25 Desember 2022 – 10:48 WIB
Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol. Drs. Yan Sultra Indrajaya. ANTAR/Aprionis

jpnn.com - PANGKALPINANG - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Yan Sultra Indrajaya menyatakan pihaknya akan melakukan inspeksi mendadak perizinan distributor dan penjual petasan di wilayah itu.

Menurut dia, hal itu untuk mengantisipasi petasan yang memiliki daya ledak besar yang membahayakan masyarakat pada malam Tahun Baru 2023 di Babel.

BACA JUGA: 5 Anggota Polda Babel Dipecat Tidak Dengan Hormat, 3 di Antaranya Sungguh Memalukan

"Kami mengantisipasi petasan yang memiliki daya ledak besar yang membahayakan keselamatan masyarakat umum," kata Irjen Yan Sultra Indrajaya di Pangkalpinang, Minggu (25/12).

Dia menjelaskan saat ini Polda Kepulauan Babel masih meunggu instruksi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait pesta kembang api dan petasan dalam menyambut Tahun Baru 2023.

BACA JUGA: Irjen Panca Minta Seluruh Anak Buahnya Selalu Sigap dan Waspada

Namun demikian, pihaknya akan segera melakukan pengecekan perizinan distributor dan penjual petasan ini.

Jenderal bintang dua itu menjelaskan kalau nanti pesta kembang api ini diizinkan, maka pihaknya tidak mempermasalahkannya.

BACA JUGA: Irjen Yan Sultra: Aparat Kepolisian yang Terlibat Tambang Ilegal Saya Proses Hukum

“Namun demikian, kami akan memeriksa perizinan penjualan petasan ini sebagai antisipasi penggunaan petasan ukuran besar yang dapat mengganggu keamanan, ketertiban dan keselamatan orang lain," ungkapnya.

Yan mengatakan bahwa soal pesta kembang api dan petasan tergantung perizinan.

Jika ada perizinannya, maka silakan masyarakat membunyikan petasan dalam memeriahkan malam Tahun Baru nanti.

“Yang jelas harus ada perizinannya dan masyarakat tidak menggunakan petasan berukuran besar yang memiliki daya ledak tinggi," ungkap Yan Sultra.

Lebih lanjut Yan mengatakan Polda Kepulauan Babel akan mengerahkan 1.930 personel gabungan dan membentuk posko pengamanan di titik-titik keramaian seperti pusat perbelanjaan, wisata, hiburan dan titik-titik rawan lainnya dalam menyambut malam Tahun Baru nanti.

Kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan saling menjaga, agar pesta pergantian malam tahun baru ini berjalan aman, tertib dan kondusif," pungkas Irjen Yal Sultra Indrajaya. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler