Irwan Fecho Menilai Pernyataan Menhan Prabowo soal BPK Bentuk Konsistensi dan Komitmen

Senin, 08 Juli 2024 – 23:44 WIB
Anggota Banggar DPR RI sekaligus Ketum IKA SKMA Irwan Fecho. Foto: dokpri

jpnn.com - Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Irwan Fecho meyakini Presiden terpilih Prabowo Subianto bakal menjadi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai andalan dalam mengawasi ketat penggunaan anggaran negara.

Hal itu disampaikan Irwan menanggapi pernyataan Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih RI Prabowo Subianto merespons arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA: Irwan Fecho Mendorong Pelibatan Anak Muda Perangi Kejahatan Lingkungan dan Kehutanan

"Pernyataan Pak Prabowo terkait pentingnya peran BPK itu adalah bentuk konsistensi dan komitmen beliau 5 tahun ke depan menjadikan BPK sebagai andalan untuk mengawasi ketat penggunaan uang rakyat," kata Irwan Fecho di Jakarta, Senin (8/7).

Terlebih lagi, anggota Komisi V DPR itu melihat sikap Prabowo sejak lama tidak menginginkan ada kebocoran-kebocoran dalam pengelolaan APBN.

BACA JUGA: Pembakar Rumah Wartawan yang Menewaskan 4 Orang di Karo Terungkap, 2 Pelaku Ditangkap

"Beliau, kan, sejak dulu tidak ingin keuangan negara ada kebocoran dan beliau ingin agar uang rakyat bisa dipertanggungjawabkan. Itu sejalan dengan harapan rakyat selama ini. Harus kita dukung bersama," tutur putra Kaltim itu.

Irwan yang juga ketua umum Ikatan Keluarga Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA), meyakini dengan pengawasan ketat, maka penggunaan uang rakyat bakal memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.

BACA JUGA: Bebas dari Tahanan Polda Jabar, Pegi Setiawan Sebut Nama Jokowi dan Prabowo

"Saya meyakini dengan pengawasan ketat uang rakyat, itu berdampak pada pencapaian target pertumbuhan ekonomi Pak Prabowo sebesar 8 persen, dan juga mampu menyelesaikan masalah kemiskinan di tanah air,"

Menhan Prabowo Subianto sebelumnya merespons amanah yang dititipkan Presiden Jokowi terkait pengelolaan uang negara dengan memedomani rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Jokowi dalam sambutannya pada Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan atas LHP LKPP Tahun Anggaran 2023 di JCC Senayan, Jakarta, Senin, meyakini Prabowo Subianto yang menjalankan pemerintahan berikutnya, bakal memberi perhatian serius pada setiap rekomendasi BPK agar uang negara dapat dimanfaatkan dengan baik serta dikelola secara transparan dan akuntabel.

Nah, Prabowo dalam kunjungan perdana ke Istana Kepresidenan Jakarta setelah pemulihan operasi, mengamini pernyataan Presiden Jokowi. Dia pun menilai BPK merupakan institusi penting, serta lembaga yang menjadi andalan pemerintah.

"Insyaallah, pasti. BPK institusi yang sangat penting. BPK andalan kita. BPK ke depan harus lebih ketat mengawasi," kata Prabowo.(fat/ant/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler