Istri SYL Mengaku Tak Pernah Beli Tas Mahal Sejak 2015

Rabu, 29 Mei 2024 – 15:08 WIB
Ilustrasi - Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam sidang pemeriksaan saksi kasus pemerasan dan gratifikasi lingkungan Kementan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (8/5/2024). (ANTARA/Agatha Olivia Victoria)

jpnn.com, JAKARTA - Istri mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Ayunsri Harahap mengaku sudah tidak pernah membeli tas mewah sejak 2015.

Dia juga menyampaikan tidak lagi menggunakan tas dalam setiap kegiatannya dan sudah menjadi kebiasaan sejak 2015.

BACA JUGA: Disebut Rutin Minta Rp 50 Juta untuk Skincare, Andi Tenri Cucu SYL Berkata Begini

Hal itu disampaikan Ayun saat menjawab pertanyaan tim penasihat hukum SYL dalam sidang lanjutan kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (29/5).

"Dulu, waktu saya belum patah (tulang), saya suka sekali," jawab Ayun.

BACA JUGA: Kemal Redindo Anak SYL Cawe-Cawe di Kementerian, Dengarlah Pengakuannya

"Dulu itu tahun berapa?" tanya penasihat hukum SYL, Koedoeboen.

"Saya mulai suka tas itu 2003 dan koleksi saya 2003. Kalau lengkap surat-suratnya kadang-kadang saya jual dan saya beli lagi, tetapi jarang sekali yang baru," kata Ayun.

BACA JUGA: Cucu SYL Bantah Klaim Biaya Kecantikan hingga Minta Jabatan ke Kementan

Koedoeboen lalu menanyakan apakah Ayun pernah membeli atau menerima tas selama suaminya menjabat sebagai Menteri Pertanian. Ayun mengaku tidak pernah lagi membeli tas.

"Tidak. Pak Menteri itu suka marah. Tidak boleh lagi. Katanya 'Mau bikin sayur apa?'," tutur Ayun.

Ayun mengaku sudah tidak membeli tas sejak 2015. Dia juga menyampaikan ada instruksi dari Ibu Negara Iriana Jokowi untuk membeli tas UMKM.

"Jadi, dilarang barang luar atau bukan merek Indonesia. Oleh karena itu, sudah lama (tas) itu saya simpan," ungkap Ayun.

Di persidangan sebelumnya, Senin (27/5), tim jaksa KPK menampilkan bukti tas Dior yang berhasil disita penyidik dari rumah dinas SYL. Tas tersebut diduga milik Ayun, tetapi dibantah.

Sementara itu, saksi Raden Kiky Mulya Putra selaku mantan Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Pimpinan Biro Umum dan Pengadaan Kementerian Pertanian mengungkapkan SYL pernah membebani anggaran kementerian untuk membeli tas Dior. Dua tas yang dibeli seharga Rp105 juta.

SYL didakwa atas kasus dugaan pemerasan hingga mencapai Rp44.546.079.044 dan gratifikasi dianggap suap sejumlah Rp40.647.444.494 selama periode 2020-2023.

Tindak pidana itu dilakukan SYL bersama-sama dengan dua terdakwa lainnya yaitu Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan Muhammad Hatta.

SYL juga diproses hukum KPK atas kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Kasus tersebut masih bergulir di tahap penyidikan. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lakukan Kunjungan ke Luar Negeri, SYL Merasa Ingin Bantu Mendorong Perekonomian


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
SYL   istri syl   KPK   Tas Dior  

Terpopuler