Isu Setoran Uang Keamanan Rusak Mental Prajurit

Minggu, 30 Oktober 2011 – 11:39 WIB

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo mendesak pemerintah agar memprioritaskanpemulihan keamanan demi terwujudnya suasana yang kondusif di PapuaKarena itu, Bambang mengingatkan, jangan hancurkan moral prajurit Polri di lapangan dengan pengalihan isu tentang setoran uang keamanan dari PT Freeport untuk prajurit Polri.

Bambang mengaku setuju bahwa uang keamanan yang disetorkan Freeport untuk Polri harus dipersoalkan dan dipertanyakan

BACA JUGA: Tim Pengejar Terganggu Faktor Alam

Pada waktunya nanti, Komisi III DPR akan meminta penjelasan dan pertanggungjawaban dari Kapolri mengenai uang keamanan dari Freeport itu
"Namun, persoalan utama di Papua saat ini adalah serangan bersenjata oleh pihak tertentu yg menewaskan warga sipil tak berdosa," kata Bambang, Minggu (29/10), di Jakarta.

Bahkan, lanjut dia, Kapolsek Mulya Puncak Jaya, Ajun Komisaris Dominggus Awes, tercatat sebagai korban tewas akibat serangan bersenjata orang-orang tak dikenal

BACA JUGA: Konflik di Papua Libatkan Tujuh Pihak

Sebelumnya, tiga prajurit TNI juga terluka cukup parah akibat serangan bersenjata oleh orang-orang tak dikenal
"Jadi, jelas bahwa suasana tidak kondusif di Papua harus secepatnya diakhiri

BACA JUGA: Dibayar Harian, Guru Honorer Protes

Itulah  prioritas persoalannya," tegasnya.

Ia menambahkan, dukungan moral semua pihak kepada prajurit Polri maupunTNI amat dibutuhkan agar mereka bisa memukul mundur kelompok-kelompok bersenjata yang mengganggu keamanan dan ketertiban umum di Papua.

"Jika isu uang keamanan dari Freeport yang dijadikan prioritas persoalan, saya khawatir hal itu akan meruntuhkan moral para prajurit di lapangan," ujarnya.

Sebab, kata dia, sama artinya mereka dipersalahkan saat sedang menjalankan tugas dengan risiko tinggi.  Padahal, tanggungjawab atas setoran uang keamanan yang terasa janggal dari Freeport itu ada di pundak para perwira tinggi Polri di Jakata.

Bagi prajurit Polri yang sedang bertugas di Papua, tewasnya Dominggus merupakan kehilangan besar yang mungkin saja bisa melemahkan mental mereka"Ketegaran para prajurit akan rontok jika isu uang keamanan dari Freeport dijadikan persoalan utama saat iniMereka merasa dipersalahkan," tegasnya(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pantura Sambut Tim Kajian Pemekaran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler