ITALIA: Pirlo Membaik, Cossu Pulang

Senin, 14 Juni 2010 – 06:44 WIB
AWASI - Pelatih Marcello Lippi (kanan) mengawasi latihan skuad Italia di Centurion, Afsel, Rabu (9/6) lalu. Foto: Claudio Villa/Getty Images/FIFA.com.

CAPE TOWN - Pupus sudah impian Andrea Cossu untuk tampil di Piala Dunia (PD) 2010 Afrika SelatanGelandang Cagliari itu akhirnya dipulangkan timnas Italia, setelah kondisi Andrea Pirlo dan Mauro Camoranesi terus membaik

BACA JUGA: KAMERUN: Le Guen Ragukan Kameni-Song

Cossu memang disiapkan sebagai cadangan, alias pemain ke-24.

Sejatinya, Cossu sudah tercoret sejak awal Juni lalu, saat pelatih Italia Marcello Lippi mengumumkan daftar 23 pemain yang dibawa ke Afsel
Namun, dia kemudian dipanggil lagi, lantaran Pirlo mengalami cedera betis ketika Italia kalah dari Meksiko di laga uji coba.

Cedera yang dialami Pirlo sempat bikin khawatir

BACA JUGA: DENMARK: Dinamit Tetap Solid

Bahkan, Lippi pun memberikan izin kepada Pirlo agar dirawat di klubnya, AC Milan
Ternyata, setelah menjalani pemeriksaan menyeluruh, Pirlo diperkirakan tetap bisa bermain pada PD 2010.

"Dalam beberapa hari terakhir, kondisi saya sudah membaik dan tak lagi merasakan sakit

BACA JUGA: Italia v Paraguay: Pembuktian Serdadu Veteran

Saya yakin dan percaya bisa kembali ke lapangan sesuai dengan waktu yang diperkirakan," ungkap Pirlo kepada Gazzetta dello Sport.

Hanya saja, gelandang berusia 31 tahun itu tetap tidak bisa membela Gli Azzurri (julukan Italia) dalam dua pertandingan awalPirlo sudah pasti tidak akan bermain saat Italia melawan Paraguay, serta masih diragukan bisa tampil saat melawan Selandia Baru.

Kemungkinan besar, Pirlo baru akan bermain tatkala Italia melakoni pertandingan ketiga atau pamungkas di fase grup F, melawan SlovakiaUntuk itu, tanpa Pirlo, Lippi bakal memberi kepercayaan kepada Riccardo Montolivo untuk menggantikan posisinya.

Montolivo akan bahu-membahu dengan Daniele De Rossi dan Claudio Marchisio, untuk mengisi lini tengah Italia dalam skema 4-3-3Namun sementara itu, De Rossi sendiri kabarnya sempat cedera dan absen dari latihan jelang partai melawan Paraguay.

Hanya saja, diperkirakan gelandang AS Roma itu sudah bisa dimainkan oleh Lippi ketika menghadapi ParaguayBila De Rossi berhalangan pun, masih ada gelandang veteran Gennaro Gattuso yang bisa mengisi posisi gelandang bertahan.

Seiring dengan kepastian pulihnya Pirlo dan Camoranesi, maka tenaga Cossu dipastikan tidak dibutuhkan lagiKarena itulah pemain yang bisa tampil baik di posisi gelandang serang maupun winger itu dipulangkanSebab, Italia tak bisa lagi berganti skuad.

Sesuai regulasi FIFA, setiap kontestan masih bisa mengganti daftar 23 pemain bila terjadi insiden seperti cederaNamun, batas waktu pergantian pemain itu adalah 24 jam sebelum tim tersebut melakoni partai perdana di PD 2010(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jepang v Kamerun: Mengejar Prestasi Masa Lalu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler