IWIP Berkomitmen Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Maluku Utara

Kamis, 18 Juli 2024 – 17:20 WIB
IWIP berkomitmen meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Maluku Utara. Foto: IWIP

jpnn.com, MALUKU UTARA - Kawasan industri nikel terintegrasi Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) berkomitmen meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Maluku Utara.

Sejak beroperasi pada 2018, IWIP telah meluncurkan sejumlah inisiatif yang mencakup pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan, dan pengembangan ekonomi masyarakat lokal.

BACA JUGA: IWIP Award 2024 Tingkatkan Kinerja dan Inspirasi Karyawan

General Manager Sustainable Development IWIP Erry Kurniawan mengungkapkan, perusahaan telah turut andil dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

Hal itu dilakukan melalui berbagai program CSR yang berfokus pada sektor pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan lingkungan, serta pengembangan ekonomi masyarakat lokal.

BACA JUGA: Menko Luhut Dukung Kerja Sama PT IWIP dengan Pemkab Halmahera Tengah

Pada sektor pendidikan, IWIP memberikan bantuan sarana dan prasarana kepada lebih dari 25 sekolah dan pesantren. IWIP juga telah melaksanakan program pelatihan pandai berhitung cepat dan pengentasan buta huruf di Halmahera Tengah.

"IWIP pun telah melaksanakan program beasiswa Weda Bay kepada mahasiswa di tingkat vokasi hingga pascasarjana, dan juga memberikan peralatan laboratorium untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik Universitas Khairun Ternate,” ungkap Erry, dalam keterangannya, Kamis (18/7).

BACA JUGA: IWIP dan Komunitas Berkolaborasi, Tanam 5.000 Bibit Mangrove

Saat ini, perusahaan telah melakukan kerja sama dengan pemerintah dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam menjalankan program beasiswa luar negeri bagi mahasiswa-mahasiswi Indonesia.

Di sektor kesehatan, IWIP memberikan 10 tabung gas untuk puskesmas, membangun 6 paviliun di RSUD Weda, mendukung studi banding tenaga kesehatan ke luar negeri, dan meningkatkan pelayanan serta fasilitas kesehatan di Halmahera Tengah dan Timur, termasuk pemberian 3 unit mobil ambulans dan pembangunan Puskesmas Rawat Inap. 

Lebih lanjut, Erry menjelaskan, di sektor sosial budaya dan lingkungan, IWIP berperan aktif dalam memberikan kontribusi kepada pemerintah dan masyarakat setempat.

Perusahaan telah memberikan bantuan dana dan pembangunan infrastruktur kepada pemerintah kabupaten Halmahera Tengah dalam rangka peningkatan pelayanan air bersih.

Selain itu, IWIP juga memberikan bantuan sosial kepada lanjut usia (lansia) serta menyalurkan hewan kurban di 4 Kabupaten dan Kota di Maluku Utara.

Beberapa program yang telah dilaksanakan antara lain pemberian 5 unit sepeda motor roda tiga untuk pengangkutan sampah, perbaikan jalan dan saluran air di desa-desa sekitar kawasan industri, serta pembangunan Water Intake dan Water Treatment Plant (WTP) yang menyuplai 15.000 meter kubik air bersih per hari.

"Selain itu, IWIP aktif dalam pelestarian lingkungan melalui transplantasi karang dan rehabilitasi mangrove, serta penanaman satu juta mangrove,” jelas Erry. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler