Menko Luhut Dukung Kerja Sama PT IWIP dengan Pemkab Halmahera Tengah

Senin, 15 Mei 2023 – 19:46 WIB
PT. IWIP dan Pemkab bekerja sama tingkatkan kehidupan sosial di Halteng. Foto: Dok IWIP

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendukung komitmen kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) dengan PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

Melalui kerja sama tersebut, IWIP melanjutkan komitmennya dalam memberi dukungan kepada pemkab untuk meningkatkan kehidupan sosial di Halmahera Tengah, yakni pembangunan Politeknik Industri, fasilitas pengolahan air bersih, serta peningkatan Puskesmas Lelilef.

BACA JUGA: Bamsoet Apresiasi Dukungan Menko Luhut Terhadap Penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2023

Selain itu, PT. IWIP juga menyuplai listrik dari PLTU miliknya kepada PLN Halmahera Tengah sebesar 5 Megawatt, sedangkan di bidang non-fisik, IWIP melalui Weda Bay Nickel juga memberi dukungan terhadap program pendidikan melalui pembelajaran matematika metode gasing bagi anak-anak dan guru sekolah dasar.

“Di sinilah ekosistem dibangun. Kami peduli terhadap warga dan juga lingkungan. Kalau dilihat karyawan di sini 90 persennya merupakan pekerja Indonesia. Namun, transfer teknologi tetap dilakukan oleh perusahaan China hingga Prancis,” ujar Luhut dalam keterangan tertulis, Senin (15/5).

BACA JUGA: PT IWIP Dukung Pengembangan UMKM di Maluku Utara

Dalam hal itu, Luhut juga menyampaikan kebanggaan terhadap IWIP yang dalam waktu singkat telah memberi dampak signifikan, terutama dalam peningkatan ekonomi.

Kehadiran IWIP berhasil memberikan kontribusi utama terhadap pertumbuhan ekonomi Maluku Utara 2022 hingga mencapai 28 persen.

BACA JUGA: PT IWIP Komitmen Kerja Sama Investasi Inklusif dan Berkelanjutan dengan UMKM

Hal senada juga disampaikan Pj. Bupati Halteng Ikram Malam Sangadji yang optimistis dengan kerja sama tersebut, terlebih karena didukung oleh Menko Marves.

Baginya, industrialisasi nikel di Halteng harus seimbang dengan sosial ekonomi dan lingkungan.

“Ada beberapa hal yang menjadi komitmen kami, termasuk penataan lingkungan. Beberapa lokasi pembangunan infrastruktur juga sudah mulai land clearing dan minggu depan sudah mulai bekerja. Mudah-mudahan 2024 sudah bisa diresmikan,” jelas Ikram.

Vice President IWIP Kevin He menyambut baik rencana Pj. Bupati atas beberapa proyek pembangunan di Halteng.

Bagi Kevin, IWIP akan terus berkomitmen untuk mendukung pembangunan di bumi Fagogoru itu, termasuk di bidang pendidikan, kesehatan, dan pengembangan wilayah.

“IWIP berharap komitmen tersebut pemerintah daerah dapat membantu IWIP dalam proses perizinan sesuai dengan kewenangan, serta mengharapkan bantuan apabila terjadi masalah yang mengarah kepada diperlukannya kehadiran pemda,” kata dia.

Lebih lanjut, dengan target nilai investasi yang tinggi tentunya menunjukkan kehadiran IWIP dalam memberi manfaat untuk mempercepat laju perekonomian nasional.

Sesudah kegiatan penandatanganan komitmen kerja sama, Menko Marves beserta rombongan melanjutkan meninjau kawasan industri IWIP.

Pada kesempatan itu Menko Marves menyampaikan peluang kerja sama dengan Republik Demokratik Kongo (DRC).

“Kami berbagi dengan DRC, dan kita bisa melakukannya, saya percaya DRC bisa melakukannya karena DRC juga punya segalanya,” ungkap Luhut di hadapan menteri Kongo.(mcr28/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perhatian PT IWIP Pada Ketenagakerjaan Dipuji Sultan Tidore


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Wenti Ayu Apsari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler