Jadi Tuan Rumah NSDC SMA, Unika Atma Jaya Dukung Pendidikan Holistik

Jumat, 21 Juni 2024 – 18:34 WIB
Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menggelar lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional di Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya. Foto: dok Unika Atma Jaya

jpnn.com, JAKARTA - Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menggelar lomba debat bahasa Inggris tingkat nasional di Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya.

Ajang bergengsi National Schools Debating Championship (NSDC) 2024 itu dklaksanakan pada Kamis hingga Senin, 20-24 Juni 2024 di Auditorium Gedung Yustinus lantai 15, Kampus Semanggi.

BACA JUGA: FEB Unika Atma Jaya Gelar Konferensi Internasional Peluang Teknologi AI untuk Lingkungan

Acara itu merupakan upaya menjaring siswa-siswa unggul yang nantinya akan mengikuti World Schools Debating Championship (WSDC) di tingkat internasional. 

Tahun ini, NSDC mengangkat tema "Speak of Your Mind, Speak for Indonesia" dan diikuti oleh 36 kontingen provinsi dan 1 tim dari Sekolah Luar Negeri Indonesia. 

BACA JUGA: Selamat! Mahasiswa Unika Atma Jaya jadi EFL Grand Finalists di WUDC 2024

Tema ini dipilih untuk mendorong para peserta menyuarakan pendapat mereka dan berkontribusi dalam pembahasan isu-isu yang relevan dengan kondisi Indonesia saat ini. 

Rektor Unika Atma Jaya, Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S(K) menyampaikan bahwa kegiatan itu adalah bagian dari pendidikan holistik yang ditawarkan oleh Unika Atma Jaya. 

"Kami sangat bangga dapat menjadi tuan rumah NSDC 2024. Kami percaya bahwa melalui kompetisi ini, para peserta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis mereka, yang sangat penting untuk menghadapi tantangan di masa depan," ujar Prof. Yuda dikutip, Jumat (21/6).

Unika Atma Jaya memiliki harapan besar terhadap dampak positif dari kegiatan ini.

Prof Yuda menyebut lewat NSDC, diharapkan para siswa dapat meningkatkan kemampuan komunikasi mereka, belajar bekerja sama dalam tim, dan membangun kepercayaan diri. 

Selain itu, lomba ini juga diharapkan dapat memupuk rasa persatuan dan kebersamaan di antara peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Unika Atma Jaya juga berharap bahwa kompetisi ini dapat menjadi langkah awal bagi para peserta untuk meraih prestasi di tingkat internasional.

Ajang ini juga menjadi sarana bagi peserta didik untuk unjuk kemampuan dan kreativitas dalam berdebat mengenai berbagai isu global masa kini. 

Prof. Yuda menambagkan melalui lomba ini, diharapkan siswa mampu berpikir kritis dan mengembangkan potensi secara menyeluruh dan seimbang di semua aspek kecerdasan.

"Kami ingin memberikan bekal yang kuat bagi para siswa agar mereka dapat bersaing di WSDC dan membawa nama baik Indonesia di kancah global," tambah Prof. Yuda.

Kepala Puspresnas sekaligus Kepala Plt. BPTI Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, S.E., M.Si. juga menyampaikan harapannya agar ajang bergengsi ini menjadi tempat berlatih dan mendorong para peserta didik memiliki wawasan pengetahuan yang luas untuk menjawab tantangan global. 

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Unika Atma Jaya yang telah mempersiapkan NSDC tahun 2024 ini dengan sangat baik. Kami berharap semua upaya dan semangat ini dapat membuat adik-adik peserta dapat termotivasi untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan mengukir prestasi khususnya di bidang debat. Semoga melalui ajang ini dapat melahirkan generasi muda yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat dunia,” ujar Dr. Maria Veronica.


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Unika Atma Jaya   lomba   debat   NSDC  

Terpopuler