Jadwal Pemanggilan Pemain Timnas Mundur

Dampak Kongres Tak Beres-beres, Laga Ujicoba pun Batal

Selasa, 07 Juni 2011 – 05:19 WIB
Timnas Merah Putih di Piala AFF 2010. Foto: Dok. JPNN.
JAKARTA - Pemanggilan para penggawa tim nasional sepak bola yang dijadwalkan dilakukan pada 24 Juni mendatang dipastikan batalBadan Tim Nasional (BTN) memilih menunggu hingga pelaksanaan Kongres PSSI usai dilaksanakan paling akhir pada 30 Juni mendatang.

Deputi Bidang Teknik BTN Iman Arif memberikan kepastian itu, setelah melakukan pertemuan dengan Komite Normalisasi (KN) di kantor PSSI, kompleks Stadion Gelora Bung Karno, kemarin (6/6) sore

BACA JUGA: Nadal Baru Dapat Start

"Kami menunggu hingga pengurus baru terbentuk
Dengan begitu, semuanya akan semakin mudah karena sudah jelas mengenai status pemain dan juga status PSSI," katanya.

Kejelasan yang dimaksud oleh Iman adalah mengenai status pemanggilan yang dilakukan kepada para pemain Liga Primer Indonesia (LPI)

BACA JUGA: Bangku Kosong pun Bikin Gusar FA

Sebab, pelatih kepala timnas, Alfred Riedl, juga meminta agar masalah itu bisa di-clear-kan terlebih dahulu.

Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih 40 menit tersebut, juga diberikan solusi tentang masa pemanggilan alternatif setelah pembatalan
Rencananya, para pemain baru akan dipanggil antara 4 atau 5 Juli mendatang ke Jakarta.

"Kemungkinan besar 5 Juli

BACA JUGA: Indonesia Jawara di Hari Pertama Tour de Singkarak

Karena asumsi kami, pengurus baru sudah terbentuk pada 1 JuliKami langsung bergerak cepat untuk melakukan pemanggilan timnya," papar mantan Ketua BTN tersebut.

Konsekuensi lainnya adalah jadwal uji coba timnas kemungkinan besar bakal berubahSebelumnya, tim Merah Putih dijadwalkan melakoni tiga kali uji cobaYakni pada 3 Juli melawan timnas Singapura, dilanjutkan dengan melawan timnas Thailand pada 6 dan 15 Juli.

Rangkaian ujicoba itu dilakukan sebagai salah satu persiapan timnas, sebelum menjalani pertandingan Pra-Piala Dunia 2014 pada 20 Juli nanti melawan TurkmenistanTapi, karena perubahan jadwal itu, uji coba melawan Singapura pun dipastikan batalSebab, pemanggilan (tim) sendiri baru dilakukan pada 5 Juli.

Demikian juga dengan pertandingan melawan Thailand, kemungkinan besar pun bakal ada perubahan jugaIni karena waktunya terlalu mepet dengan jadwal pemanggilan para pemain.

"Singapura pasti batalKini kami akan berusaha melakukan komunikasi dengan federasi sepak bola ThailandTujuannya, agar bisa di-arrange ulang jadwalnyaPaling tidak dimundurkan sedikit," tutur Iman.

Kondisi itu juga disesalkan oleh tim pelatihWolfgang Pikal, asisten Riedl, menjelaskan bahwa dengan perubahan-perubahan jadwal itu, rencana yang telah dibangun dari lama terpaksa tidak bisa dijalankanDia menyayangkan karena persiapan tim Merah Putih menjadi minim dan tidak tertata dengan rapi.

"Kondisinya memang seperti iniKami harus menyesuaikan dengan apa yang ada(Namun) Semua program harus tetap berjalan sebelum menjalani pertandingan," tandasnya dengan Bahasa Indonesia yang lumayan fasih(aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Crouch Tak Mau Lagi Masuk Tim Capello


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler