Jaga Imunitas dengan Pola Tidur Sehat, Ini 4 Kiatnya

Selasa, 22 Februari 2022 – 06:48 WIB
Manfaatkanlah platform kesehatan yang menyediakan layanan telekonsultasi atau konsultasi secara online dengan dokter terpercaya. Foto dokumentasi SehatQ

jpnn.com, JAKARTA - Adanya varian Omicron mendorong masyarakat selalu mawas diri dalam menjaga imunitas tubuh.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan memiliki pola tidur yang teratur. 

BACA JUGA: 3 Bahaya Perubahan Pola Tidur untuk Kesehatan

"Menjaga pola tidur yang sehat merupakan salah satu kunci untuk menjaga imunitas tubuh," kata CCO SehatQ Andrew Sulistya dalam siaran persnya, Senin (21/2).

Sebagai penyedia layanan kesehatan yang telah bermitra dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, SehatQ senantiasa mendampingi masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap informasi, layanan, serta produk kesehatan.

BACA JUGA: Opps, Pola Tidur Ternyata Berpengaruh Terhadap Kesuburan Wanita Lho

Andrew menyebut salah satunya melalui layanan telekonsultasi yang akan menjawab kebutuhan masyarakat seputar kesehatan, termasuk dalam menjaga imunitas. 

"Agar makin hemat, tanggal 15-21 Februari ini kami juga bekerja sama dengan ShopeePay dalam menghadirkan cashback hingga 100 persen melalui kampanye ShopeePay Super Online Deals apabila menggunakan metode pembayaran ShopeePay," tuturnya.

BACA JUGA: 3 Efek Samping Perubahan Pola Tidur Terhadap Kesehatan Anda

Dia lantas membagikan kiat-kiat ala SehatQ untuk membangun pola tidur yang sehat guna menjaga imun di masa pandemi:

1  Mulai kebiasaan baru untuk membuat body clock yang teratur

Jika Anda sering melakukan aktivitas sampai lupa waktu, ini saatnya meninggalkan kebiasaan tersebut. Membiarkan tubuhmu bekerja secara terus menerus bisa membahayakan kesehatan fisik dan mental. 

Mulai sekarang, lakukan aktivitas secara terjadwal untuk menciptakan body clock yang teratur sehingga tubuhmu akan mendapatkan waktu istirahat cukup untuk mengembalikan energi yang telah terpakai sebelumnya.

2. Pilih jajanan yang lebih sehat agar tidur lebih nyenyak

Jajanan dengan kandungan gula yang tinggi berpotensi menghambat dalam membangun pola tidur sehat apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Pilihlah jajanan dengan bahan baku yang lebih sehat dan rendah gula apabila Anda sedang berupaya memperbaiki pola tidur.

Menu berbahan dasar ikan, kacang-kacangan, susu dan olahannya, hingga teh berbahan dasar kamomil bisa menjadi opsi agar kualitas tidur makin meningkat dan terjaga.

3. Tingkatkan aktivitas fisik dengan kegiatan olahraga

Jika Anda belum terbiasa melakukannya secara rutin, mulailah dari olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam rumah tanpa memerlukan alat berat seperti gerakan squat, wall seat, plank, hingga push up.

Lakukanlah olahraga setidaknya 30 menit selama lima hari setiap minggunya untuk menjaga kesehatan dan memperbaiki pola tidurmu.

Selain itu, Anda bisa menutup rangkaian olahraga dengan sesi meditasi yang bisa diakses secara gratis dari platform-platform digital, niscaya tubuhmu akan terasa makin segar dan lambat laun pola tidur akan semakin teratur.

4. Masih sulit tidur? Konsultasikan waktu tidur kamu ke dokter

Meskipun terkesan sepele, nyatanya jam tidur merupakan salah satu hal krusial yang harus diperhatikan di tengah pandemi. Tidur yang cukup dan berkualitas bisa meningkatkan imunitas agar tubuh tetap terjaga dari paparan virus. 

Jika Anda sudah melakukan beberapa langkah di atas, tetapi pola tidur tidak kunjung membaik, segera konsultasikan waktu tidurmu ke dokter untuk mendapatkan bantuan profesional.

"Manfaatkanlah platform kesehatan SehatQ yang menyediakan layanan telekonsultasi atau konsultasi secara online dengan dokter terpercaya dan ahli dalam spesialisasinya," pungkasnya. (esy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Elvi Robia
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler