Jaga Kesehatan Hati dengan 6 Minyak Esensial Ini

Kamis, 25 Juli 2019 – 21:56 WIB
Minyak lemon. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Kebanyakan orang terbiasa menggunakan minyak esensial untuk mandi dan merawat kecantikan. Tetapi hanya sedikit yang menyadari sifat penyembuhan minyak ini. Minyak esensial murni bisa membantu melindungi dan menyembuhkan hati.

Hati diketahui memiliki 500 fungsi berbeda dalam tubuh, dari mengatur hormon hingga menyaring zat beracun, dan bahkan membantu dalam pengelolaan berat badan. 

BACA JUGA: Raih Manfaat dari Sabun Mandi dengan Essential Oil dan Aromaterapi

Berikut adalah beberapa minyak esensial untuk hati yang sehat, seperti dilansir laman Care2, Rabu (24/7).

BACA JUGA: Raih Manfaat dari Sabun Mandi dengan Essential Oil dan Aromaterapi

BACA JUGA: Minyak Esensial dan Manfaatnya untuk Masalah Pencernaan

1. Copaiba

Copaiba memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, sebagian besar karena kandungan beta-caryophyllene (BCP). Penelitian di British Journal of Nutrition menemukan bahwa BCP membantu melindungi hati terhadap kerusakan. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, minyak atsiri copaiba diambil secara internal, biasanya 2 tetes 2 hingga 3 kali sehari. 

BACA JUGA: Kenali 6 Manfaat Minyak Esensial untuk Kesehatan Kulit Wajah

2. Geranium

Tidak hanya tanaman berbunga ini indah untuk taman Anda, geranium juga menyediakan minyak esensial yang harum yang memiliki banyak sifat penyembuhan, termasuk merangsang fungsi hati. Minyak ini bisa diencerkan dengan minyak pembawa dan dioleskan ke daerah hati.

BACA JUGA: Kenali 6 Manfaat Minyak Esensial untuk Kesehatan Kulit Wajah

3. Lavender

Menurut ahli aromaterapi dan penulis Advanced Aromatherapy, Kurt Schnaubelt, PhD, lavender menormalkan output gula darah oleh hati. Dia merekomendasikan satu atau dua tetes yang diminum secara internal sekitar 15 menit sebelum makan untuk mencapai hasil ini.

4. Ledum

Juga dikenal sebagai Greenland Moss, Ledum (Ledum groenlandicum) mengandung beberapa senyawa yang dikenal untuk detoksifikasi hati dan sifat regeneratif, dipentene dan beta-selinene. Ledum paling baik digunakan dalam campuran dengan minyak atsiri geranium, peppermint dan lemon, dan diencerkan dalam minyak pembawa seperti minyak kelapa terfraksionasi, dan digosokkan ke daerah hati beberapa kali sehari selama sebulan. Hati terletak tepat di bawah tulang rusuk bawah di sisi kanan tubuh.

5. Lemon

Minyak esensial lemon telah digunakan oleh ahli aromaterapi selama bertahun-tahun untuk membantu membersihkan dan melindungi hati dari radikal bebas yang berbahaya. Ini bisa dimasukkan ke dalam campuran yang diencerkan dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa difraksinasi dan digosokkan ke daerah hati beberapa kali sehari selama sebulan.

6. Permen

Menurut aromaterapi medis Prancis, peppermint bermanfaat untuk memperkuat dan meregenerasi hati, menjadikannya pilihan yang sangat baik. Untuk tujuan ini, satu atau dua tetes secara tradisional diteteskan pada lidah. Karena digunakan secara internal, maka penting untuk memilih minyak atsiri yang cocok untuk penggunaan internal.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lima Minyak Esensial Terbaik untuk Mengatasi Depresi


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler