Jaga Kesehatan Jantung dengan Rutin Mengonsumsi 7 Buah Lezat Ini

Kamis, 19 Mei 2022 – 02:24 WIB
Jeruk. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - MENJAGA kesehatan jantung sudah tidak diragukan lagi merupakan kewajiban setiap orang.

Hal ini karena jantung merupakan organ terpenting manusia. Jika jantung berhenti berdetak, nyawa Anda bisa dalam bahaya.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Jantung dengan 7 Trik Jitu Ini

Menjaga kesehatan jantung itu sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa mulai dengan rutin olahraga, istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan sehat dan hindari stres.

Beberapa buah juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

BACA JUGA: Waduh, Ini 5 Efek Samping Mengonsumsi Buah Naga Berlebihan

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Bhg.

https://www.bhg.com/recipes/healthy/eating/fruits-good-for-the-heart/?fbclid=IwAR1uRHrKxaUWVq4P7kCvrkiHPY-mJkgm24mGu-WgTr4Gm6fU2wOMozckNZA.

BACA JUGA: Waspada, 3 Aktivitas Ringan Ini Ternyata Berbahaya untuk Kesehatan Jantung

1. Apel

Apel bukan hanya cara yang baik untuk menambahkan serat ke dalam makanan Anda dan flavonoid yang baik untuk kamu, tetapi beberapa penelitian juga menemukan bahwa orang yang secara teratur makan buah apel lebih kecil kemungkinannya. untuk mengembangkan tekanan darah tinggi.

2. Aprikot

Aprikot mengandung beberapa vitamin (A, C, E, dan K), ditambah serat dan warna oranye berasal dari karotenoid, antioksidan.

Aprikot kering memberikan nutrisi yang sama, dan orang yang makan sekitar cangkir buah kering (hanya 2 sendok makan) setiap hari memiliki pola makan yang lebih sehat dan berat badan lebih sedikit.

3. Pisang

Makan pisang dan Anda akan mendapatkan vitamin B6 dan C. Anda juga akan mendapatkan serat, kalium, dan magnesium yang ketiganya merupakan nutrisi utama yang membantu menjaga tekanan darah.

4. Berry

Baik itu blueberry, blackberry, raspberry, atau stroberi, mereka adalah sumber vitamin C dan serat yang bagus.

Makan makanan berserat tinggi berpotensi membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung, menurut Academy of Nutrition and Dietetics.

Serat juga bisa membantu menjaga berat badan Anda, keuntungan lain untuk jantung kamu.

5. Jeruk bali

Sajikan jeruk bali untuk dosis vitamin C, kalium, dan serat. Satu porsi jeruk bali menghasilkan 2,5 gram serat, atau sekitar 7 persen dari kuota harian Anda.

Plus, dalam sebuah penelitian terhadap wanita (diterbitkan pada tahun 2014 dalam jurnal Food & Nutrition Research), mereka yang secara teratur makan jeruk bali atau minum jusnya memiliki kolesterol HDL baik yang lebih tinggi, trigliserida yang lebih rendah, dan berat badan yang lebih sedikit.

6. Jeruk

Penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dalam jeruk (naringenin dan hesperidin) mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

Mereka juga bisa membantu meningkatkan tekanan darah dan menangkal risiko Anda terkena aterosklerosis.

Seperti buah-buahan lain dalam daftar ini, jeruk juga memberi Anda kalium dan serat.

7. Persik

Buah persik kuning kaya akan beta-karoten. Pria yang memiliki kadar beta-karoten dalam darah yang lebih tinggi, lebih kecil kemungkinannya meninggal karena penyakit jantung atau stroke, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 dalam jurnal Circulation Research.

Persik juga menghasilkan serat, potasium, dan vitamin C, E, dan K.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler