Jaga Kesehatan Mental dengan Menciptakan Hunian yang Nyaman

Senin, 03 Mei 2021 – 18:41 WIB
Ilustrasi hunian nyaman. Foto: Rukita.co

jpnn.com, JAKARTA - Menjalani kehidupan yang aman dan nyaman menjadi sangat penting di tengah pandemi covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari setahun ini.

Tidak dipungkiri pandemi yang terjadi tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan secara fisik tetapi juga kesehatan mental.

BACA JUGA: Minimalkan Risiko Gagal Serah Terima Hunian, Konsumen Bisa Beli Aset Properti Ready Stock

Situasi yang terjadi sekarang membuat kehidupan seakan penuh ancaman. Mulai dari ancaman kesehatan sampai dengan masa depan pekerjaan.

Psikolog klinis, Tara de Thouars mengatakan ada tiga indikasi untuk melihat kesehatan mental terganggu akibat pandemi, mulai dari emosi, pikiran, dan perilaku.

BACA JUGA: BTN Gaet 5 Pengembang Hadirkan Hunian TOD Bonus Kompor Induksi

“Kesehatan mental ini berpengaruh karena proses isolasi yang sedang dijalani pada masa pandemi. Kebijakan menjaga jarak, tidak boleh berkerumun dan menjalani protokol kesehatan menjadi keharusan saat ini. Padahal kita makhluk sosial,” tutur Tara dalam peluncuran kampanye senyaman di rumah yang digelar Rukita.

Untuk mengatasi itu, Tara menjelaskan, perlu disiasati dengan menciptakan kehidupan yang aman dan nyaman.

BACA JUGA: Instagram Uji Coba Fitur Menyembunyikan Like, Untuk Kesehatan Mental

Caranya dengan membuat hunian yang bisa membuat kita merasa bahagia.

“Kita bisa ciptakan lingkungan yang bisa buat nyaman. Caranya buat suasana kerja di rumah senyaman mungkin misalnya dengan kerapihan. Atau bisa juga cari hobi baru seperti memasak atau melukis di rumah,” tambah dia.

Menurut Tara, hunian tidak hanya perlu menyediakan ruang privacy agar ada relaksasi, tetapi juga ada tempat atau ruang yang bisa buat melepas kepenatan dan tentunya juga harus ada suasana aman dan nyaman.

Hunian seperti ini bisa ditemukan di Rukita, perusahaan teknologi properti (proptech) berkolaborasi dengan sejumlah mitra untuk meningkatkan kenyamanan dan menjamin kesehatan para penghuninya selama masa pandemi.

“Hunian Rukita dengan konsep co-living tersedia di Jabodetabek. Ke depan kami mengincar kota lainnya,” sambung Head of Sales Rukita Thomas dalam kesempatan yang sama.

Seiring dengan pandemik Covid-19 yang tengah terjadi di tanah air, Rukita secara aktif menerapkan tindakan pencegahan yang terwujud dalam bentuk serangkaian fasilitas yang tersedia bagi para penghuni selama masa bekerja dari rumah (work from home). (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pikir Baik-baik, Ini 5 Dampak Pacaran Putus Sambung Bagi Kesehatan Mental


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler