Jagalah Berat Badan Anda jika Memiliki Psoriasis

Sabtu, 08 April 2017 – 14:15 WIB
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Jika Anda memiliki psoriasis, Anda sudah tahu bahwa strategi gaya hidup pintar (seperti mengelola stres, tidak menggunakan sabun yang bersifat keras dan menghindari makanan tertentu) bisa membantu menjaga gejala psoriasis tidak muncul kembali.

Tapi ada satu hal yang paling penting yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi kesehatan kulit Anda, yakni menjaga berat badan Anda tetap normal.

BACA JUGA: Minyak Kelapa Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Berikut ini beberapa alasan mengapa begitu penting untuk pasien psoriasis untuk menjaga berat badan mereka.

1. Penurunan berat badan bisa membantu memperbaiki gejala psoriasis

BACA JUGA: Coba deh, 6 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Psoriasis adalah penyakit autoimun, yang berarti sistem kekebalan tubuh menyerang bagian dari tubuh (kulit).

Hasilnya bisa berupa bercak merah, putih atau keperakan pada kulit serta gejala lain seperti gatal, cacat pada kuku atau kulit kering dan pecah-pecah.

BACA JUGA: Ingin Perut Rata? Cobalah Konsumsi 7 Makanan ini

"Studi menunjukkan bahwa diet dan olahraga bisa membantu mengurangi gejala psoriasis," kata dermatolog, Dr. Debra Jaliman, MD, seperti dilansir laman Health, Kamis (6/4).

Dalam sebuah studi Denmark yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, peserta psoriasis obesitas yang kehilangan 10 persen hingga 15 persen dari berat badan mereka menunjukkan perbaikan yang signifikan dalam gejala psoriasis.

2. Kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko artritis psoriatik

Sekitar 10 persen hingga 30 persen dari pasien psoriasis akhirnya mengembangkan psoriasis arthritis, penyakit autoimun yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan sendi.

Tetapi pasien psoriasis yang kelebihan berat badan atau obesitas mungkin sangat beresiko. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals dari Penyakit rematik, peneliti menemukan hubungan antara obesitas dan peningkatan kesempatan mengembangkan kondisi tersebut.

Penelitian ini mengamati data yang dikumpulkan selama periode 1 tahun pada lebih dari 75.000 orang di Inggris dan mereka menemukan bahwa tingkat insiden psoriasis arthritis meningkat seiring dengan meningkatnya BMI.

3. Kelebihan berat badan bisa memperburuk gejala arthritis psoriatis

Jika Anda seorang pasien psoriasis yang juga memiliki psoriasis arthritis, berat badan ekstra bisa membuat sendi Anda tegang yang akan semakin memperburuk gejala penyakit tersebut.

Psoriatic arthritis bisa memengaruhi sendi-sendi kecil Anda seperti jari tangan, jari kaki serta lutut Anda.

"Tidak peduli apa jenis arthritis yang Anda miliki, kenaikan berat badan bisa memberikan efek negatif bagi sendi yang menahan beban, pinggul dan lutut pada khususnya," kata James R. O'Dell, MD, kepala Pra di University of Nebraska Medical Center di Omaha.

4. Kelebihan berat badan bisa mencegah obat bekerja secara efektif

Orang yang kelebihan berat badan dan obesitas tidak selalu menanggapi dengan baik terhadap obat yang digunakan untuk mengobati penyakit arthritis psoriatis.

Kehilangan berat badan bisa membantu obat bekerja lebih efektif untuk kedua psoriasis arthritis dan psoriasis.

5. Kehilangan berat badan bisa menurunkan risiko penyakit lainnya

Menurunkan berat badan juga bisa mengurangi resiko Anda terkena penyakit jantung, diabetes dan stroke, yang tentunya hal ini sangat berkaitan jika Anda memiliki psoriasis.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 6 Cara Paling Efektif Turunkan Berat Badan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler