Jakarta Plant Market Segera Digelar, Pencinta Tanaman Hias Yuk Merapat!

Rabu, 27 Juli 2022 – 13:53 WIB
Jakarta Plant Market. Foto: dok panitia JPM

jpnn.com, JAKARTA - Tren tanaman hias meningkat sejak pandemi Covid-19.

Ketua Pelaksana Jakarta Plant Market (JPM) Andri Satriawan mengatakan tanaman hias menjadi salah satu komoditi yang kini banyak ditawarkan pelaku usaha mikor kecil menengah atau UMKM.

BACA JUGA: Kementan: Program Green House di Bogor Cikal Bakal Pemasok Tanaman Hias Ekspor

"Perkembangan tanaman hias di tanah air sangat luar biasa. Kami ingin semangat tersebut bisa terjaga. Oleh karena itu, wadahi mereka dalam Jakarta Plant Market," kata Ketua Pelaksana Jakarta Plant Market Andri Satriawan, Rabu (27/7).

Dia menyebut pihaknya pengin menggairahkan semangat pencinta tanaman hias dan menambah penghasilan pelaku UMKM.

BACA JUGA: Petani Milenial Bogor Kembangkan Tanaman Hias Berdaun Indah, Diminati Hingga Mancanegara

Salah satu upaya dengan menggelar Jakarta Plant Market (JPM) di Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan, 29-31 Juli 2022.

Taman Anggrek Ragunan memiliki kurang lebih 40 kavling yang menjual berbagai tanaman hias.

BACA JUGA: Percantik Rumah Saat Lebaran dengan 3 Tanaman Hias Ini

Jakarta Plant Market adalah ajang Kontes Tanaman Hias untuk komunitas tanaman hias dari berbagai daerah serta masyarakat sekitar.

"Event ini sengaja diciptakan untuk komunitas tanaman hias dan masyarakat sebagai media perkenalan tempat Taman Anggrek Ragunan juga perkembangan nilai ekonomi tanaman hias khususnya yang berorientasi ekspor," tuturnya.

Andri menyebut kegiatan itu menggandeng Komunitas Ragunan Aroid Community, dan didukung Pemprov DKI Jakarta, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI jakarta, Jakarta Kota Kolaborasi, Jakpreneur.

Serta disponsori Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yang diketuai oleh Moeldoko dan lainnya.

Acara itu, kata dia, bakal dimeriahkan oleh 35 tenant bazaar tanaman dari luar masyarakat Taman Anggrek Ragunan, dan diikuti ratusan peserta kontes tanaman hias dari berbagai daerah.

"Kami terpanggil untuk melakukan kontes tanaman hias dalam membantu meningkatkan nilai ekonomi UMKM di Indonesia dan memperkenalkan tempat Taman Anggrek Ragunan dengan adanya kontes tanaman hias dan bazar," terang Andri. (mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler