Dalam lawatan pertamanya ke luar negeri, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta, dan PM Australia ini secara keseluruhan akan mengunjungi lima negara dan bertemu 20 pemimpin dunia.

Setelah mengunjungi Indonesia, PM Turnbull akan mengunjungi Jerman, Turki (pertemuan G-20), Filipina (APEC) dan Malaysia (KTT Asia Timur).

BACA JUGA: Ini Dia Teknologi Tua yang Sangat Populer di Zamannya

Apa saja agenda pertemuannya ?Jakarta, Indonesia

Mendinginnya hubungan antar kedua negara dalam setahun terakhir akan diakhiri dengan 'kunjungan kerja" PM Turnbull ke Istana Merdeka di Jakarta.

BACA JUGA: Peneliti Australia Berhasil Ciptakan Aplikasi Game yang dapat Menguji Indera Pendengaran

Presiden Joko Widodo terakhir kali bertemu dengan pemimpin Australia adalah ketika menghadiri KTT G-20 di Brisbane tahun lalu dimana Presiden Jokowi bertemu perdana menteri ketika itu Tony Abbott.

Namun kemudian hubungan memburuk setelah Indonesia mengeksekusi napi asing termasuk dua warga Australia Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

BACA JUGA: Ibu ini Melahirkan Sendiri hanya Dipandu Telepon dari Petugas Ambulan

Sekarang tampaknya PM Turnbull ingin memfokuskan perhatian pada masalah bisnis antar kedua negara.

Australia sedang melakukan dorongan besar untuk memperbesar nilai dagang antar kedua negara yang sekarang ini nilainya $ 12 miliar dan mungkin mencapai perjanjian dagang baru (Kesepakatan Kemitraan Dagang Komprehensif Australia-Indonesia).Berlin, Germany

Ketika Kanselir Jerman Angela Merkel mengirim undangan kepada Malcolm Turnbull untuk bertemu di Jerman menjelang KTT G-20, kesempatan itu tidak disia-siakan. Ini bukan semata karena istri Turnbull Lucy, memiliki minat besar dalam hubungan bisnis Jerman-Australia.

Para pejabat Australia sudah lama merasa bahwa hubungan dengan negara industri terkemuka Eropa itu tidaklah sekuat seperti yang diharapkan, dan itulah sebabnya "Kelompok Penasehat Jerman-Australia" dibentuk di masa Tony Abbott dan sekarang sudah membuat laporan.

Para eksekutif dari perusahaan piranti lunak raksasa SAP, Bank NAB, Siemens, dan ANU, dan juga keterlibatan Lucy sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Jerman-Australia mengatakan bahwa akan data perluasan kerjasama di bidang industri, teknologi dan penelitian, yang akan dipimpin oleh Menteri Keuangan Australia yang fasih berbahasa Jerman  Mathias Cormann.G20 - Antalya, Turki

Tepat setahun setelah para pemimpin dunia bertemu di Brisbane membicarakan pertumbuhan ekonomi dunia yang melemah, adanya wabah Ebola di Afrika Barat, dan 'sentilan' Presiden Obama terhadap pemerintahan Abbott mengenai pemanasan global, G-20 bertemu lagi di kota yang menyaksikan perpindahan migran besar-besaran di Eropa selama 60 tahun terakhir.

Meski pada awalnya G-20 dibentuk untuk membicarakan masalah ekonomi - setelah adanya krisis ekonomi dunia tahun 2007/2008, KTT sekarang juga membicarakan masalah perdagangan, keamanan dan ketegangan kawasan.

Turki menjadi tuan rumah dan pertemuan dilangsungkan di Antalya, kawasan resor di Tepi Laut Tengah, yang menghadap ke pantai Suriah, daerah dimana ratusan ribu warga Suriah mengungsi karena konflik di sana.APEC - Manila, Fillipina

Bila tidak di Turki, pertemuan 21 pemimpin ekonomi di KTT APEC di Manila akan memberikan kesempatan kepada Malcolm Turnbull untuk melakukan berbagai pertemuan bilateral pertamanya.

Presiden Barack Obama, Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan para pemimpin Korea Selatan, Jepang, Singapura, dan Thailand adalah diantara mereka akan ditemui oleh PM Turnbull dalam pertemuan resmi maupun di sela-sela acara foto bersama.

Para pejabat mengatakan bahwa setelah selesainya perundingan Kemitraan Trans Pasifik diselesaikan, 12 negara anggota akan merayakan keberhasilan mereka di Manila (walau perjanjian itu masih harus diratifikasi oleh parlemen masing-masing negara).

Masalah lain yaitu klaim China di Laut China Selatan juga akan menjadi masalah yang dibicarakan di APEC.

Masalah ini paling tidak mempengaruhi Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei, Singapura, Taiwan, AS, China, Jepang dan Australia - bilapun bukan keseluruhan APEC karena pentingnya jalur Laut China Selatan ini bagi lalu lintas perdagangan.East Asia Summit - Kuala Lumpur, Malaysia

Sekarang memasuki tahun ke10, KTT Asia Timur menjadi 'saingan' KTT APEC yang sudah berlangsung selama 16 tahun, sebagai pertemuan yang harus dihadiri oleh 18 negara anggotanya.

Di Kuala Lumpur, Turnbull akan bergabung bagi peluncuran "Komunitas ASEAN" perundingan diplomatik yang sudah berlangsung enam tahun untuk membuat versi Asia dari organisasi seperti Uni Eropa.

Perdana Menteri Turnbull akan mengakhiri lawatan 11 harinya di luar negeri dengan berbagai pertemuan bilateral, sebelum kemudian kembali ke Canberra.

Namun PM Turnbull tidaka akan menghadiri sidang terakhir parlemen dalam dua minggu mendatang, karena setelah kembali, dia akan terbang lagi ke Malta untuk menghadapi pertemuan para pemimpin negara-negara persemakmuran (CHOGM).

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perjuangan Seorang Ibu Besarkan Putri Kecil Penyandang Spina Bifida

Berita Terkait