Jaksa Agung Blusukan ke Nusa Kambangan

Jumat, 12 Desember 2014 – 18:26 WIB
Jaksa Agung HM Prasetyo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Jelang eksekusi lima terpidana mati Desember 2014, Jaksa Agung HM Prasetyo bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona Laoly, menyambangi Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (12/12).

Namun, belum diketahui apakah lima terpidana itu semuanya dieksekusi di Nusa Kambangan atau di lapas masing-masing tempat mereka menjalani hukuman selama ini.

BACA JUGA: Pembuat SIM Diimbau untuk Mendonorkan Darah

"Pak Jaksa Agung dan Menkumham sudah berada di Nusa Kambangan untuk mengecek tempat persiapan (eksekusi) seperti apa," ungkap Tony Tribagus Spontana, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Jumat (12/12).

Dia mengatakan, kemungkinan eksekusi akan dilakukan setelah Jaksa Agung pulang blusukan ke Lapas Nusa Kambangan. "Sekembalinya (Jaksa Agung) mungkin akan dilakukan (eksekusi).

BACA JUGA: Di Depan SBY, Ical Sebut Golkar Tak Pernah Tolak Perppu Pilkada

Sebelumnya diberitakan, lima terpidana mati masing-masing dua di Lapas Nusa Kambangan, dan dua di Lapas Batam Kepulauan Riau, serta satu di Lapas Tangerang, Banten, akan dieksekusi tahun ini.

Namun, Tony masih enggan membeber identitas lima terpidana itu. "Inisial nama terpidana sampai saat ini saya belum mengetahui," katanya.

BACA JUGA: Kasus Alkes Udayana, KPK Panggil Dirut Sarana Medika

Dalam proses eksekusi jaksa akan memimpin tim eksekutor. Sedangkan pelaksananya adalah Polri. Kedua institusi ini sudah berkoordinasi.

"Pimpinan eksekutor adalah kejaksaan, Polri diminta bantuan untuk pelaksanaannya. Benar sudah ada koordinasi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar, Jumat (12/12). 

Soal penentuan lokasi eksekusi, Boy menyatakan itu wewenang kejaksaan sebagai pimpinan eksekutor. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Parpol Dapat Penghargaan Keterbukaan Informasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler