Jalan Raya Terindah Tiongkok Ada di Wilayah Muslim Uighur

Senin, 15 Juni 2020 – 17:07 WIB
Foto dari udara yang diabadikan pada 17 Agustus 2019 ini menunjukkan sejumlah kendaraan melintas di Jalan Raya Dushanzi-Kuqa di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut. Foto: Xinhua/Hu Huhu

jpnn.com, URUMQI - Jalan Raya Dushanzi-Kuqa, yang dianggap sebagai salah satu jalan terindah di Tiongkok, dibuka untuk para wisatawan setelah menyelesaikan hibernasi tahunannya, Sabtu (13/6).

Jalan raya bebas hambatan sepanjang 560 kilometer itu menghubungkan bagian utara dan selatan Daerah Otonom Uighur Xinjiang. Sepanjang perjalanan pelancong dapat melihat beragam bentang alam seperti gletser, hutan, dan padang rumput.

BACA JUGA: Gegara Pandemi, Muslim Uighur Kerajingan Belanja Online

Akibat cuaca bersalju dan jalanan yang dipenuhi es, Jalan Raya Dushanzi-Kuqa memiliki periode hibernasi, yang biasanya dimulai pada Oktober dan berakhir pada Juni tahun berikutnya.

Kebangkitan sektor pariwisata di Xinjiang dalam beberapa tahun terakhir mengundang lebih banyak turis yang membawa kendaraannya sendiri, pengendara sepeda motor, dan pendaki untuk menjajal jalan raya tersebut.

BACA JUGA: Beredar Isu Muslim Uighur Dilarang Puasa Ramadan, Ini Respons Tiongkok

Menurut data statistik dari departemen pariwisata setempat, Jalan Raya Dushanzi-Kuqa dilewati oleh 596.000 kendaraan dan 1,79 juta wisatawan pada tahun lalu, keduanya naik lebih dari 85 persen secara tahunan.

Demi memastikan layanan yang lebih baik untuk para wisatawan yang berkendara sendiri, Pusat Layanan Wisata Jalan Raya Dushanzi-Kuqa baru-baru ini membuka layanan untuk menerima pertanyaan mengenai rute perjalanan, cuaca, dan kondisi jalan, serta permintaan untuk tindakan pertolongan darurat.

BACA JUGA: Kecam Amerika, Politikus Uighur Beberkan Keberhasilan Program Tiongkok di Xinjiang

Tahun ini, Xinjiang juga akan melakukan program peningkatan jalan raya tersebut melalui perbaikan jalan dan terowongan, serta penambahan area parkir dan fasilitas keamanan lalu lintas. (xinhua/ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler