Jalur Pantura Masih Terus Berbenah

Jumat, 20 Agustus 2010 – 03:47 WIB
PERIKSA - Menteri Perhubungan Freddy Numberi saat melakukan inspeksi jalur mudik Pantura Cirebon-Brebes, Kamis (19/8). Foto: Yuda Sanjaya/Radar Cirebon.
MEMASUKI musim mudik tahun 2010, jalur mudik Cirebon-Jawa Tengah sejauh ini ternyata masih sibuk berbenahHal itu antara lain terlihat dalam kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Freddy Numberi, Kamis (19/8)

BACA JUGA: Megawati Larang Suami Terima Telpon

Dari hasil pantauan itu terlihat bahwa sejumlah perbaikan masih dilakukan.

Misalnya saja memasuki pintu tol Ciperna menuju Kanci, di mana masih nampak perbaikan jalan
Kemudian di kilometer 240 jalan tol Kanci-Pejagan, juga masih dalam perbaikan

BACA JUGA: Bupati Gugat Wewenang Presiden Karena Disangka Korupsi

Sementara, kondisi yang cukup mengkhawatirkan justru terlihat di jalur Pantai Utara (Pantura) Brebes-Cirebon.

Rombongan Menhub yang menempuh rute Stasiun Kejaksan-Ciperna-Kanci-Pejagan, bertolak pulang melalui jalur Pantura Brebes-Cirebon, menyaksikan langsung proses perbaikan sejumlah ruas jalan yang masih berlangsung
Dari pantauan grup media ini, jalur perbatasan Kecamatan Losari Kabupaten Brebes arah Cirebon terlihat masih berlubang

BACA JUGA: 44 Tokoh Jaminkan Diri untuk Susno Duadji

Pada beberapa titik, jalan bahkan terlihat bergelombang.

Kerusakan yang cukup parah terlihat di lajur kiri jalur Pantura Brebes arah CirebonNamun, kondisi relatif lebih baik terlihat dari jalur pantura Cirebon, meski sejumlah perbaikan masih nampak, misalnya di kawasan Gebang di mana jalan masih banyak yang berlubangDi sana, jalan yang rusak parah terlihat di sekitar lokasi pembangunan flyover Gebang.

Perbaikan jalan juga nampak di Kecamatan Pangenan dan Kanci (keluar tol)Bahkan di jalur Kanci sampai simpang tiga arah Buntet, perbaikan jalan saat ini membuat badan jalan hanya bisa difungsikan dua jalur, dari yang semestinya empat jalur.

Dalam kunjungan sidak itu, Freddy menaruh perhatian khusus pada jalan menuju jalur Pantura dari pintu tol PejaganPasalnya, lebar jalan di kawasan itu hanya dua jalur, dan sebetulnya jalan di kawasan itu masuk dalam kategori jalur alternatifNamun, diprediksi dalam musim mudik mendatang, jalur tersebut bakal mendapatkan beban lebih.

Titik kemacetan pun diprediksi terjadi di simpang tiga Pejagan, yang menjadi pertemuan kendaraan yang keluar dari tol Kanci-Pejagan dan kendaraan yang melintasi jalur Pantura menuju Jawa TengahApalagi, di kawasan itu juga terdapat perlintasan kereta api.

Menhub bahkan sempat berbincang dengan Kapolres Brebes, AKBP Beno Leuhenapessy, mengenai kondisi jalur tersebut"Penanganannya buka-tutupKita sudah mulai simulasi buka-tutup," ujar Beno memberi pemaparan kepada Menhub.

Sementara itu kepada wartawan, Freddy Numberi lantas mengatakan bahwa H-10, seluruh perbaikan jalan di jalur Pantura sudah akan selesai dan dapat dilalui untuk arus mudik"Setelah kita lihat bersama-sama di lapangan, (memang) ada beberapa titik jalan di jalur Pantura yang masih dalam perbaikanMudah-mudahan paling cepat pada H-10, seluruh perbaikan jalan di jalur Pantura selesai dan sudah dapat dilalui para pemudik," ujarnya.

Saat ditanya soal adanya proyek pembangunan flyover di daerah Gebang, Menhub juga mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Mabes Polri untuk membatu mengatasi kemacetan di sana"Kemenhub akan berkoordinasi dengan Mabes Polri, untuk bekerjasama membantu pengamanan dan mengatasi kemacetan di jalur Pantura, terutama di sekitar proyek pembangunan flyover Gebang Cirebon," katanya.

Masih di tempat yang sama, Dirjen Pekerjaan Umum (PU) Djoko Murjanto, kepada wartawan mengakui pula masih adanya perbaikan jalan di ruas jalan tol Palikanci, serta tol Kanci-Pejagan"Hingga saat ini, ada beberapa titik di ruas tol yang masih dalam perbaikan jalan dan jembatanPerbaikan ini juga kami perkirakan akan selesai pada H-10, agar para pemudik dapat menggunakan rusa jalan tol Palikanci serta tol Kanci-Pejagan," ungkapnya(yd/rdh)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Grasi untuk Syaukani Karena Alasan Manusiawi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler