Jam Belajar Sekolah di Palembang Bakal Dikurangi Selama Ramadan

Kamis, 16 Maret 2023 – 20:35 WIB
Kegiatan belajar siswa salah satu sekolah di Palembang (ANTARA/Yudi Abdullah)

jpnn.com, PALEMBANG - Dinas Pendidikan Kota Palembang menetapkan kebijakan mengurangi jam belajar di SD dan SMP di daerah itu selama Ramadan 1444 Hijriah/2023.

"Melalui surat edaran bernomor 420/4859/Disdik/2023 tanggal 15 Maret 2023, kami menetapkan jam belajar siswa selama Ramadan dikurangi selama 10 menit untuk tiap mata pelajaran," kata Kepala Dinas Pendidikan Palembang Ansori, Kamis (16/3).

BACA JUGA: Cakra Buana Playducation School Gelar Festival Gembira Belajar 2023

Dia menjelaskan pengurangan jam belajar tersebut dikompensasikan dengan kegiatan rohani yang berlangsung intensif di sekolah tingkat menengah.

Hal tersebut berlaku untuk seluruh sekolah negeri dan swasta. Termasuk sekolah swasta nonmuslim dengan tujuan menyesuaikan kondisi fisik siswa yang berpuasa.

BACA JUGA: Kunjungi Sekolah di Semarang, Ganjar Pranowo: Anak-anak Diberikan Tradisi Bercocok tanam

Tujuan pengurangan jam belajar itu agar selama bulan puasa siswa bisa pulang lebih cepat, banyak beristirahat dan bagi yang menjalankan ibadah puasa dapat memaksimalkan ibadahnya.

Selain itu, pihak sekolah diminta menciptakan suasana khidmat dan religius sehingga dapat memberikan kesempatan kepada siswa menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk.

BACA JUGA: Kapolri Perintahkan Bareskrim Jaga Ketersediaan Pangan Menjelang Ramadan

Kegiatan keagamaan diminta lebih diintensifkan di setiap sekolah pada Maret dan April 2022.

Mengenai bentuk kegiatan keagamaan apa saja yang dilakukan di sekolah selama Ramadan, katanya, silakan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan setiap sekolah.

"Sekolah diimbau agar meniadakan kegiatan fisik yang dapat memberatkan siswa yang sedang menjalankan puasa, oleh karena itu sekolah diminta menyusun rangkaian kegiatan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ujarnya.

Untuk menyambut Ramadan, ditetapkan libur awal puasa bagi siswa SD dan SMP dimulai 23-25 Maret 2023 dan masuk kembali pada 27 Maret 2023.

Untuk libur menyambut Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah dimulai 17 April 2023 dan masuk kembali pada 2 Mei 2023. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menjelang Ramadan, Syarief Hasan Ingatkan Pemerintah soal Harga Bahan Pokok


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler