Jangan Asal Joging, Jaga Jantung dengan 5 Nutrisi Ini

Sabtu, 19 Maret 2022 – 21:59 WIB
Joging harus tetap memperhatikan lima nutrisi agar jantung tetap sehat. Foto: dokumentasi Herbalife Nutrition

jpnn.com, JAKARTA - Lari atau joging merupakan olahraga mudah, murah, dan bisa dilakukan kapan saja karena tidak butuh peralatan ekstra.

Tetapi, aktivitas yang menyehatkan tubuh khususnya kardiovaskular atau kesehatan jantung ini perlu dukungan nutrisi yang tepat.

BACA JUGA: 4 Makanan Sehat yang Harus Dihindari Penderita Penyakit Jantung, Bahaya Lho

"Ada lima nutrisi penting untuk mereka yang rutin melakukan olahraga lari agar kinerjanya makin baik," kata Herbalife Nutrition Advisory Board Korakod Panich, Sabtu (19/3).

Pertama, karbohidrat yang bisa ditemukan dalam makanan seperti buah-buahan, produk susu, dan pati seperti nasi, roti, dan pasta yang menjadi sumber energi yang paling penting bagi tubuh.

BACA JUGA: Ditantang Main Bola Sama Raffi Ahmad, Deddy Corbuzier Pilih Bikin Tim Sendiri

Untuk pelari, makanan kecil satu jam sebelumnya, terdiri dari karbohidrat dan sedikit protein dapat memberikan energi yang dibutuhkan.

"Kedua, protein yang bisa ditemukan dalam daging, susu, telur, dan kedelai," kata Korakod.

BACA JUGA: 7 Suplemen yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Aman Dikonsumsi Bun

Ini untuk membantu memperbaiki dan membangun kembali jaringan dan otot yang terpengaruh selama aktivitas fisik. Rasio karbohidrat terhadap protein harus 2-3: 1, dengan 20 gram protein berkualitas tinggi dan 40 - 60 gram karbohidrat setelah berolahraga.

"Pelari harus mengonsumsi kombinasi karbohidrat dan protein 30 sampai 45 menit setelah berolahraga," kata Korakod Panich.

Ketiga, lemak sebagai sumber energi penting dan bahan bakar, terutama selama intensitas olahraga sedang yang berlangsung untuk waktu yang lama, seperti joging yang berlangsung setidaknya 30 menit atau lebih. Pilih lemak yang bermanfaat seperti ditemukan dalam minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan dan hindari lemak jenuh, seperti makanan cepat saji atau gorengan.

Keempat, vitamin dan mineral untuk membantu menjaga keseimbangan dalam fungsi sistem tubuh. Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber terbaik untuk mendapatkannya. Jika berolahraga selama lebih dari satu jam, minuman mineral sangat dianjurkan.

Kelima ialah air, untuk membantu memberikan nutrisi ke sel dan memainkan peran penting dalam menghilangkan keringat. Perlu dipastikan untuk tidak kehilangan cairan lebih dari dua persen dari berat badan karena dapat mengurangi kekuatan tubuh. 

"Untuk setiap pon berat badan yang hilang selama olahraga, ganti dengan 2-3 gelas air," kata Korakod Panich.

Selain memahami pentingnya nutrisi, penting juga bagi pelari baru untuk mempelajari cara berlari yang tepat. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 8 Manfaat Luar Biasa Berdoa Bagi Kesehatan, Nomor 1 tak Disangka


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler