Jangan Lupa Lakukan Ini Setelah Berolahraga

Selasa, 30 Januari 2018 – 21:40 WIB
Berolahraga. Foto: Pixabay

jpnn.com - PERSIAPAN sebelum olahraga memang sangat penting. Namun, ritual beres-beres setelah olahraga juga tidak kalah penting.

Jangan sampai setelah berolahraga keras Anda langsung buru-buru ganti baju dan pergi ke kantor atau cari makan.

BACA JUGA: Olahraga Selama 10 Menit Bisa Menyehatkan Otak?

Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan supaya olahraga Anda membuahkan hasil yang efektif dan tubuh terhindar dari cedera.

Apa saja yang wajib dilakukan setelah olahraga? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Sheknows:

BACA JUGA: Berhenti Berolahraga? 7 Hal ini Akan Terjadi pada Tubuh Anda

1. Stretch

Fleksibilitas adalah salah satu dari beberapa komponen kebugaran dan karenanya harus dianggap sama pentingnya dengan latihan "utama" Anda.

BACA JUGA: Sering Menunda Olahraga? Yuk Baca Artikel ini

Dengan menambahkan rutinitas peregangan tubuh lima sampai 10 menit ke akhir latihan, Anda akan bisa lebih memanfaatkan otot Anda yang sudah hangat dan lentur. Selain itu, lebih mudah untuk meningkatkan fleksibilitas dan mempertahankan atau memperbaiki jangkauan gerakan.

2. Shower off

Jika Anda tidak mandi dan membiarkan keringat Anda mengering pada kulit Anda, pada dasarnya Anda mengubah tubuh Anda menjadi tempat untuk pertumbuhan bakteri (lebih dari biasanya).

Hal ini terutama terkait jika Anda mengalami gesekan selama latihan Anda (jika Anda menggunakan bra olahraga dan legging yang merupakan penyebab utama), karena bahkan microtears kulit bisa membuat Anda terbuka terhadap infeksi staph dan penyakit bakteri lainnya.

3. Rehydrate

Jika latihan Anda melibatkan napas berat dan banyak keringat (atau bahkan jika tidak), Anda perlu minum H2O untuk berehidrasi.

Air adalah media di mana semua proses tubuh Anda terjadi. Jika Anda tidak minum air pasca latihan, metabolisme tidak akan bekerja dengan kapasitas penuh dan Anda pasti merasa lamban.

Sebagian besar atlet perguruan tinggi dan pro bahkan tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam latihan berikutnya jika mereka gagal mendapatkan rehydrate dengan benar setelah berolahraga.

Jika Anda kembali berolahraga saat masih mengalami dehidrasi, Anda bisa terkena penyakit yang berhubungan dengan panas dan cedera potensial, belum lagi performa buruk.

4. Konsumsilah snack

Mengonsumsi makanan ringan pasca latihan dalam waktu 60 menit dari rutinitas kebugaran Anda bisa membantu memulihkan glikogen otot, sumber energi yang dibutuhkan tubuh saat berolahraga yang pada dasarnya membantu memulihkan untuk latihan berikutnya.

Pada saat yang sama, makanan ringan yang terencana bisa membawa Anda ke dalam keadaan keseimbangan nitrogen positif, yang merupakan keadaan optimal untuk menumbuhkan otot.

Kuncinya di sini adalah untuk memastikan Anda mengonsumsi makanan ringan yang memberikan keseimbangan karbohidrat dan protein lengkap untuk memastikan Anda mendapatkan asam amino yang tepat untuk perbaikan dan pertumbuhan otot.

Beberapa makanan ringan yang mungkin termasuk:

-Segelas besar susu coklat.

-Semangkuk sereal dengan susu atau susu kedelai.

-Seledri atau apel dengan selai kacang.

-Yoghurt dicampur dengan buah beri dan kacang-kacangan (atau Anda bisa meraih

-Yogurt Yunani Yoplait Plent (gandum utuh, biji rami dan biji labu sudah tercampur).

-Setengah pita gandum penuh dengan salad tuna.

5. Kompres

Meskipun mungkin bukan cara yang paling efektif untuk pulih dari olahraga, penelitian telah menunjukkan bahwa metode ini adalah pemulihan yang lebih efektif daripada istirahat pasif.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kebiasaan ini Bisa Mengurangi Resiko Diabetes Loh


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler