Jangan Pakai Disinfektan saat Membersihkan Kabin Mobil, Ini Tipsnya

Rabu, 15 April 2020 – 20:02 WIB
Ilustrasi membersihkan kabin mobil. Foto: asuransi astra

jpnn.com, JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia masih banyak masyarakat yang harus keluar rumah lantaran sesuatu hal penting. Misalnya melakukan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.

Namun, jika Anda ingin keluar rumah disarankan agar menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor. Hal itu dilakukan untuk menekan risiko penularan.

BACA JUGA: 5 Tips Agar Tetap Produktif saat Bekerja dari Rumah

Perlu dicatat, kendaraan seperti mobil diibaratkan seperti sarang kuman. Semua bakteri hingga virus dari semua tempat di dunia luar akan terbawa masuk ke dalam kabin mobil, sehingga perlu langkah pembersihan secara tepat untuk menghindari hal tersebut.

Cairan disinfektan yang punya kemampuan membasmi bakteri dan virus sedang diburu masyarakat pada masa wabah virus Covid-19.

BACA JUGA: Di Rumah Aja, Tips Ringan Menjaga Tubuh Tetap Bugar ala Pembalap

Di mana cairan ini diperuntukan untuk membersihkan banyak hal, termasuk sebagai cairan pembersih kabin mobil.

Pada umumnya cairan disinfektan mengandung alkohol yang memiliki PH tinggi dan berbahaya untuk lapisan interior mobil, di mana material interior mobil pada umumnya terbuat dari bahan seperti kain, plastik, vinil, dan kulit yang dapat cepat terkikis oleh kandungan alkohol yang terdapat pada disinfektan.

BACA JUGA: Sunfish HR dan GreatDay HR Berbagi Tips Agar Tetap Produktif saat WFH  

Oleh karena itu, penggunaan cairan disinfektan tidak disarankan pada lapisan interior mobil Anda, agar tetap dalam kondisi baik, lansir laman Asuransi Astra.

Cara terbaik untuk membersihkan bagian-bagian mobil yaitu dengan menggunakan cairan yang memang diperuntukan untuk komponen tersebut.

Misalnya membersihkan dasbor menggunakan cairan pembersih untuk dasbor, tetapi jika Anda tidak memiliki cairan khusus. Terdapat cairan pembersih yang direkomendasikan untuk membersihkan kabin mobil dengan PH yang aman, yaitu dengan menggunakan sabun bayi.

Penelitian telah mengungkap virus seperti SARS-CoV2 dapat dibasmi menggunakan campuran air dan sabun. Cara menggunakan sabun bayi untuk membersihkan interior mobil adalah dengan mencampur sabun ke air hangat kemudian dimasukkan ke dalam botol semprot.

Selain itu, siapkan juga lap dengan serat lembut seperti kain microfiber untuk membersihkan permukaan interior mobil.

Dianjurkan agar tidak mencampurkan terlalu banyak sabun karena dapat membuat lengket pada permukaan interior yang dibersihkan.

Semprotkan cairan sabun dan usap area interior mobil yang sering disentuh seperti setir, knop AC, tuas transmisi, dasbor, tombol audio, hingga handle pintu.

Jika jok mobil berbahan kain sebaiknya untuk tidak menyemprotkan cairan sabun terlalu banyak karena akan lebih sulit dikeringkan. (mg9/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler