Jangan Percaya pada Statistik

Senin, 28 Juni 2010 – 10:18 WIB
STATISTIK - Pelatih Brazil, Dunga, tampak memberi kode kepada pemainnya, sementara Michael Bastos bersiap melakukan lemparan ke dalam, dalam laga lawan Portugal, 25 Juni lalu. Foto: Richard Heathcote/Getty Images/FIFA.com.

BRAZIL sedang di atas anginLolos dari grup maut yang diisi Portugal dan Pantai Gading, mereka sukses lolos ke 16 Besar tanpa sekalipun tersentuh kekalahan

BACA JUGA: Kahn Puji Kiper Jepang

Dalam kondisi tersebut, pasukan Carlos Dunga tersebut harus menghadapi rival lama, Cile, di Ellis Park, Johannesburg, dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB).

Sejarah pertemuan antara dua anggota konfederasi Conmebol itu semakin melambungkan Brazil
Sebab, dari 65 kali pertemuan di berbagai ajang, Seleccao - sebutan Brazil - menyapu 46 kemenangan, sementara Cile hanya pernah mencuri tujuh victory

BACA JUGA: Taktik Khusus Cekal Messi

Dua di antara kemenangan Brazil direbut di Piala Dunia, yakni pada edisi 1962 dan 1998
Selama itu, Brazil juga sudah menyarangkan 152 gol ke gawang Cile, serta hanya kebobolan 55 kali.

Meski unggul dalam angka, Dunga meminta anak buahnya untuk tidak terlalu berpegang kepada statistik

BACA JUGA: Panas di Bench Azzurri

Menurut anggapannya, pertemuan di babak knockout Piala Dunia selalu istimewaPerbedaan cara menyikapi tekanan, serta kesiapan mental sangat berpeluang menentukan hasil akhir laga.

"Kami berada pada babak di mana 90 menit sangat menentukanTidak boleh ada kesalahan, atau kami harus pulang," tegas Dunga, seperti dikutip Associated Press"Cile saat ini sudah jauh lebih baikMereka punya tim yang matang dan pemain yang bagusMereka akan berjuang keras untuk menang," lanjutnya.

Bisa jadi, itu hanya upaya Dunga untuk menjaga agar anak buahnya tidak over-konfidenSebab, fakta terbaru sangat menguntungkan merekaSeleccao bakal kembali mendapatkan bintang-bintangnya yang absen dalam laga pemungkas Grup G melawan Portugal (25/6)Antara lain Kaka, Elano, dan RobinhoKaka sudah menjalani sanksi larangan main satu laga, sedangkan dua rekannya yang lain sudah sembuh dari cedera.

Hal sebaliknya terjadi pada La Roja, sebutan CileNegara yang lolos sebagai runner up Grup H itu justru kehilangan sejumlah pemain pilar yang kena sanksiMereka adalah gelandang sayap Marcelo Estrada, plus duet bek tengah Gary Medel dan Waldo Ponce.

:TERKAIT Kabar baiknya, pelatih Marcelo Bielsa bisa kembali menurunkan playmaker Matias Fernandez dan holding midfielder Carlos CarmonaSementara absennya dua bek tengah bakal ditutup Pablo Contreras dan Ismael Fuentes yang dari segi usia serta caps lebih berpengalaman daripada Medel dan PonceKarena itu, meski statistik serta sejarah sangat tidak berpihak kepada mereka, penggawa Cile tetap tenang dan optimistis.

"Saya mengharapkan pertandingan yang terbuka," kata gelandang serang Jean Beausejour, seperti dikutip Reuters"Rasanya kami tidak akan berubah satu milimeter pun dari apa yang sudah kami lakukan selama ini, meski lawannya adalah BrazilSudah jelas, dengan sejarah dan tradisinya, Brazil juga akan menyerangKami harus mengantisipasinya,"  lanjut pemain Club America itu.

Menurut Bielsa, menaklukkan Brazil kali ini justru lebih sulitItu terkait dengan pendekatan Dunga yang lebih pragmatis dalam menangani timSamba - sebutan Brazil lainnya - bukan seperti dulu, yang permainannya bagus dan enak dilihatJulio Cesar dkk kini lebih berhati-hati serta tidak mempedulikan permainan indah.

"Apa yang mereka lakukan di masa lalu memang membuat mereka jauh diunggulkan atas kami," kata Bielsa kepada Reuters"Brazil yang versi sekarang, justru lebih menakutkanSelain teknik yang bagus dan kecepatan luar biasa, para pemainnya sudah mulai berani main kasarItu membuat mereka lebih berbahaya," lanjut pelatih eksentrik asal Argentina tersebut.

Tapi, apa itu berarti Cile sudah mulai kalah sebelum bertanding? "Tentu tidakCile akan sangat menghormati Brazil, dengan segala reputasi dan kualitas mereka," cetus gelandang Arturo Vidal"Tapi kamilah yang menentukan bagaimana kami harus bermainKami akan menekan dan menyerang dari segala arah," tegasnya(na/ito/jpnn)

Data Pertandingan

Stadion: Ellis Park, Johannesburg
Kapasitas: 61 ribu penonton
Wasit: Howard Webb (Inggris)

Perkiraan Pemain

Brazil (4-3-3): 1-Julio Cesar (g), 2-Maicon, 3-Lucio, 4-Juan, 6-Bastos ; 5-Felipe Melo, 8-Gilberto Silva, 7-Elano ; 10-Kaka, 11-Robinho, 9-Fabiano
Pelatih: Carlos Dunga

Cile (3-4-3): 1-Bravo (g), 5-Contreras, 2-Fuentes, 8-Vidal ; 4-Isla, 6-Carmona, 14-Fernandez, 20-Millar ; 7-Sanchez, 9-H Suazo, 15-Beausejour
Pelatih: Marcelo Bielsa

Head to Head
09/09/09  Brazil    v   Cile          4-2
07/09/08  Chile    v    Brazil       0-3
07/07/07  Cile      v    Brazil       1-6
01/07/07  Brazil   v    Cile          3-0
24/03/07  Brazil   v    Cile          4-0

Di atas kertas
Kedua tim sudah pernah bertemu sebanyak 65 kaliBrazil sangat dominan dengan memenangkan 46 di antaranya, sementara Cile hanya pernah menang tujuh kaliKecenderungan itu meningkat dalam sepuluh tahun terakhir, di mana Brazil hanya sekali kalah dari Cile

Bursa Asian Handicap
0 : 1

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ludes, Tiket 16 Besar Hingga Final


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler