Jangan Perpanjang Badrodin, Nama Budi Gunawan Mencuat

Kamis, 19 Mei 2016 – 21:54 WIB
Wakapolri Komjen Budi Gunawan. Foto: dok.JPNN

JAKARTA - Sembilan jenderal polisi bintang tiga sudah mengantre untuk diusulkan Presiden Joko Widodo ke DPR sebagai pengganti Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti. Badrodin akan pensiun Juli 2016 mendatang.

Nama teratas adalah Wakapolri Komjen Budi Gunawan, disusul Kepala BNN Komjen Budi Waseso, Kabaharkam Polri Putut Eko Bayuseno, hingga Irwasum Polri Komjen Pol Dwi Priyatno.

Wakil Ketua Komisi III Desmon J Mahesa saat ditanya peluang Budi Gunawan yang pernah menjalani fit and proper test di Komisi III sebagai Kapolri, maupun sederet jenderal bintang tiga lain, menjawab diplomatis.

"Saya tidak bicara tentang person," kata Desmond menjawab JPNN.com, Kamis (19/5).

Politikus Gerindra itu justru lebih menyoroti wacana perpanjangan jabatan Kapolri. Menyikapi hal ini, Desmon mengingatkan Presiden Joko Widodo agar tidak melanggar undang-undang.

"Jangan sampai kemauan memperpanjang ini menabrak UU. Kalau bicara hukum, itu akan cenderung menjadi fitnah," kata Desmon.

Ia mencontohkan bila jabatan Kapolri sekarang diperpanjang maka yang mungkin muncul di publik adalah, Presiden Jokowi tidak suka dengan para jenderal bintang tiga yang ada.

"itu kesan yang timbul bahwa Jokowi tidak suka dengan Budi Gunawan, Budi Waseso, dan lain-lain. Ini kan belum tentu benar dan cenderung fitnah," katanya.

Karenanya, ia menyarankan kenapa Presiden segera pensiunkan saja Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan memilih jenderal-jenderal bintang tiga yang ada sebagai penggantinya.

"Kenapa tidak dipensiunkan saja (Badrodin), pilihlah jenderal-jenderal yang ada ini. Silahkan presiden menujuk satu atau dua orang agar kami pilih (di DPR). Jadi saya tidak masuk pada ranah apakah Budi Gunawan, Budi Waseso, tidak ada urusan bagi saya. Tapi bicara aturan, apa yang sudah dibuat presiden dengan DPR, jangan ditabrak-tabrak, aturan dilanggar dengan perpanjangan,," pungkasnya.(fat/jpnn)

BACA JUGA: Kemendagri Sudah Pangkas 2.600 Perda Bermasalah

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Apa Si Doel Boyong Semua Bupati dan Wako Ke KPK?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler