Jangan Samakan Antasari dengan Fahmi

Jumat, 20 Agustus 2010 – 15:03 WIB

JAKARTA — Sutan Bagindo Fahmi menjadi satu-satunya calon ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berlatar belakang jaksaNamun posisi Fahmi yang kini sudah mauk tujuh besar calon ketua KPK terus dipersoalkan Indonesia Corruption Watch (ICW).

Namun demikian, Fahmi mendapat pembelaan dari seniornya di Kejaksaan Agung

BACA JUGA: DPR Minta Menkes Awasi RS Swasta

Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas), Marwan Effendi, meminta publik tidak menyamakan Fahmi dengan mantan Ketua KPK yang juga mantan jaksa, Antasari Azhar
Menurut Marwan, Fahmi lebih berkualitas dibandingkan Antasari yang terseret perkara pembunuhan itu

BACA JUGA: Keamanan Bandara Soetta Dilipatgandakan

"Rambut boleh sama hitam tapi hati lain-lain
Jangan samakan Fahmi dengan Antasari," ujar Marwan di Kejagung, Jumat (20/8).

Bahkan ditegaskan Marwan, dibanding kandidat lain yang masuk bursa pimpinan KPK, Fahmi jelas lebih mumpuni

BACA JUGA: Dua Incumbent Lolos Seleksi Anggota KY

Terutama dalam penanganan kasus korupsi, Marwan menilai Fahmi lebih berpengalaman dan mengetahui seluk beluk dan alur penanganan perkara"Tenang aja pokoknya, daripada orang yang belum tahu rimbanyaBelum pernah pegang perkara, sidang aja nggak pernah jadi ketua KPK, bahaya ituBisa dibohongi penyidik, penuntut umumKalau Fahmi bagaimana mau dibohongi?" ucap Marwan berpromosi.

Lalu bagaimana dengan dugaan penyimpangan yang dilakukan Fahmi saat menagani kasus illegal logging dengan terdakwa Adelin Lis beberapa waktu lalu? "Ooo.nggak ada masalah ituKan bukan pidanaItu dulu begini, kasus Adelin Lis itu ada salah persepsi, tetapi ternyata Fahmi yang benarKasusnya korupsi, tapi dulu ada Jampidum menyatakan itu bukan korupsi," tambahnya.

Sebelumnya Fahmi pernah dituding melakukan langkah hukum di luar kewenangannya kala menjabat Wakajati Sumatera BaratPasalnya, Fahmi mengeluarkan P21 kasus Adelin justru saat Fahmi sudah tidak lagi menjadi Aspidsus pada Kajati Sumatera UtaraNamun seperti dijelaskan Marwan, tak ada yang salah dengan apa yang dilakukan Fahmi.(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Imbau Pejabat Tak Pakai Mobil Dinas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler