Janjikan Dana BOS Cair Awal Maret

Selasa, 27 Februari 2018 – 00:12 WIB
Siswa SD. Ilustrasi Foto: Doni K/dok.JPNN.com

jpnn.com, BENGKULU - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA menjamin dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) akan cair awal Maret nanti.

Dana BOS itu untuk sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK sederajat di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA: Ini Kabar Gembira untuk Sekolah Dasar hingga SMA Sederajat

Rohidin Mersyah mengatakan, bahwa pengalokasian dana BOS merupakan kebijakan nasional. Akan tetapi untuk Surat Keputusan (SK) penetapan sudah ditandatangani. Bahkan data siswa dan sekolah yang akan menerima juga sudah disiapkan.

Sehingga tinggal proses realisasi pencairannya setelah dana transfer dari pusat sudah ada.

BACA JUGA: Politikus Hanura Minta Oknum Kepsek Penganiaya Guru Ditindak

Saat ini belum cairnya dana BOS itu karena memang ada keterlambatan dari pusat untuk mentransfer dana itu ke daerah. Namun setelah data base selesai, maka dipastikan semua persoalan bisa selesai.

“Mudah-mudahan akhir bulan ini atau awal MAret sudah dicairkan. Kita hanya menunggu transferan pusat ke daerah. Dana itu juga disalurkan langsung ke kas daerah dan disampaikan ke sekolah melalui rekening masing-masing. Jumlahnya sesuai dengan prosedur operasional standar (POS) dana BOS,’’ ujar Rohidin kepada RB kemarin (25/2).

BACA JUGA: Dana BOS Ngadat, Banyak Sekolah Terpaksa Utang

Dikatakan Rohidin, dirinya berharap agar proses kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat tetap aktif. Terutama dalam menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (Unas) yang sudah di depan mata.

Jangan sampai prestasi siswa menurun dan harapan masyarakat dan pemerintah daerah tidak terwujudkan.

“Intinya secepatnya kita berharap pemerintah pusat segera mentransfer dana itu. Dinas Dikbud Provinsi sudah saya minta agar melakukan jemput bola. Sehingga tidak menganggu persiapan dan jangan sampai sekolah mogok atau kebingungan,’’ terangnya.

Kabid Dikmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung R Wahyu DP, SH, MM, MSi didampingi stafnya Syamsul mengakui kalau dalam proses pelaksanaan Unas tahun ini anggaranya tak hanya dibebankan melalui APBD, tetapi juga dibebankan melalui dana BOS.

“Kita sudah lakukan rakor berkaitan kesiapan anggaran Unas tahun ini. Harapan kita tidak ada hambatan terkait anggaran. Walaupun pelaksanaan Unas digelar dua system yakni UNBK dan UNKP. Tahapan jadwal juga tidak ada perubahan dimulai 2 April mendatang,’’ pungkas Syamsul. (che)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pernah Dikurung Propam 10 Hari, Brigpol RZ Kembali Selingkuh


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
dana BOS   Bengkulu  

Terpopuler