Jawaban Lugas Ganjar Ketika Dicecar Cara Mengatasi Pengangguran

Rabu, 13 Desember 2023 – 00:10 WIB
Capres RI nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo (kiri) saat debat capres di KPU, Selasa (12/12) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Kontestan nomor urut tiga pada Pemilu 2024 Ganjar Pranowo menguasai dengan baik debat perdana yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023) malam.

Hal itu terlihat ketika Ganjar menjawab dengan lugas pertanyaan capres nomor urut dua, Prabowo Subianto soal cara mengatasi penggangguran yang masih tinggi.

BACA JUGA: Beber Kerugian Akibat Korupsi 1 Dekade, Ganjar: Bisa Untuk Bangun 27 Ribu Puskesmas

Menurut Ganjar, pengangguran bakal teratasi dengan cara membuka lebar ruang investasi. Hal itu pun harus dibarengi dengan penegakan dan kepastian hukum yang baik, transparan, serta akuntabel.

"Kepastian dan penegakan hukum sehingga investasi bisa mudah, mudah dan cepat," kata Ganjar.

BACA JUGA: Ganjar Prihatin, Uang Negara yang Dikorupsi Bisa Bangun 27 Ribu Puskesmas

Ganjar mengungkapkan peningkatan fasilitas pada kawasan industri bisa membantu peningkatan investasi. Kemudian pemerintah jangan mempersulit intensif pajak.

Dengan begitu, lapangan pekerjaan bisa terbuka lebar. Hal ini sudah terjadi di kawasan industri Kendal yang bekerja sama dengan 100 lebih sekolah vokasi.

BACA JUGA: Beri Masukan untuk Debat Capres, Alam Puas dengan Penampilan Ganjar

Kemudian kawasan industri Batang juga sedang proses mempersiapkan dan masih tahap pembangunan sekolah vokasi.

"Jika itu sudah dilakukan, maka yang harus disiapkan adalah SDM (sumber daya manusia) dengan cara sekolah vokasi. Kita harus memastikan sekolah vokasi itu 12 tahun dan gratis," ujar Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar juga menyebut perlu dilakukan tindakan afirmasi untuk penurunan kemiskinan. Capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu mengusung program satu keluarga miskin satu sarjana untuk mewujudkan hal tersebut.

"Setiap satu keluarga miskin, satu anaknya harus menjadi sarjana perguruan tinggi karena itu yang akan membongkar dan memberikan peluang pekerjaan yang lebih banyak," kata dia.

Tak kalah penting, lanjut politikus berambut putih itu, perlu ada kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi, kota, dan kabupaten.

"Daerah sangat penting untuk mengembangkan tugas, kita (pemerintah pusat) hanya menyosialisasikan untuk mereka terlibat di dalamnya," pungkas Ganjar. (cuy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prabowo Disuruh Bicara soal Independensi Kehakiman, Ganjar Langsung Menyoroti Putusan MKMK


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler