Jejak Bung Karno di Akademi Militer Magelang

Jumat, 07 Februari 2020 – 17:46 WIB
Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, MAGELANG - Ketua DPR Puan Maharani menghadiri penandatanganan prasasti sekaligus peresmian Patung Bung Karno di Kompleks Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2).

Puan Maharani tiba di Kesatrian Akmil Magelang bersama Presiden Kelima RI Hj. Megawati Soekarnoputri pukul 13.30.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Ingin Taruna Akmil Belajar di Amerika Serikat

Kedatangan keduanya disambut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Prakasa dan Gubernur Akmil Mayjen Dudung Abdurahman.

Peresmian Patung Bung Karno sekaligus penandatanganan prasasti dilakukan oleh Megawati yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

BACA JUGA: Enzo Keturunan Prancis yang Lulus Akmil WNA atau WNI? Ini Kata Panglima TNI

Menurut Puan, peresmian patung Bung Karno menegaskan keberadan Akmil Magelang tidak lepas dari peran Bung Karno sebagai Presiden Pertama RI.

Cucu Bung Karno itu mengatakan, Akmil Magelang diresmikan kakeknya selaku Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI pada 11 November 1957.

BACA JUGA: AHY Harus Lakukan Langkah-Langkah Ini Jika Ingin Maju di Pilpres 2024

“Ada tulisan tangan Bung Karno yang menerangkan bahwa Akmil Magelang merupakan kelanjutan dari Akademi Militer Nasional (AMN) yang ada di Yogyakarta,” kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima jpnn.com, Jumat (7/2).

Menurut Puan, tulisan tangan yang diabadikan dalam sebuah prasasti tersebut dipasang di kompleks Akmil Magelang sebagai penanda sejarah dan harus diketahui oleh para generasi muda.

"Jadi generasi sekarang harus tahu ada jejak dan peran Bung Karno di Akmil Magelang,” ujar Puan.

Peran Presiden Soekarno dalam masa perjuangan dan dibukanya kembali AMN Magelang ditampilkan dalam bentuk sosiodrama oleh Taruna Akmil sebelum penandatanganan dan peresmian Patung Bung Karno. Puan yang duduk disamping Megawati dan Menhan Prabowo terlihat antusias menyaksikan kisah kakeknya dalam pendirian Akmil Magelang.

“Dengan adanya patung ini, saya harap semua jajaran organisasi Akmil, berserta seluruh taruna dan taruni mengingat bahwa semangat awal didirikannya Akmil ini adalah untuk melahirkan perwira-perwira terbaik TNI Angkatan Darat," pesan Puan kepada Taruna Akmil. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Puan   Megawati   Akmil   Prabowo  

Terpopuler